Sunday, 17 December 2017

Sebelum Beli Mobil Seken Lakukan Dulu Test Drive

Kamis, 30 November 2017 — 2:04 WIB
mobil

TEST DRIVE atau uji pengendaraan untuk mobil seken mestinya merupakan syarat mutlak sebelum konsumen memutuskan untuk membelinya. Namun dengan alasan keamanan, banyak pihak penjual menolak permintaan test drive sehingga membeli mobil bekas seperti ini ibarat membeli kucing dalam karung. Kerusakan ringan maupun berat baru diketahui setelah mobil dibawa pulang.

Bagi konsumen yang tak mau tertipu oleh pedagang nakal sebaiknya membeli mobil seken di pasar yang menyediakan fasilitas test drive. Salah satunya adalah Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua memberikan kemudahan pelanggannya untuk menjajal mobil yang akan dibelinya.

“Mobil boleh dipakai berkeliling di area mal, sehingga jika ada kerusakan langsing ketahuan. Misalnya bunyi mesin kasar, roda tidak simetris, AC gerah, stir serong, dan sebagainya,” ujar Rudy, salah satu konsumen WTC di Jalan Raya Gunung Sahari, Jakarta.

Salah satu pedagang, Johanness berpendapat test drive sebenarnya merupakan syarat mutlak. “Tujuannya supaya konsumen merasa tidak dibohongi. Komsumen berhak mengetahui keluhan yang ada pada mobil, namun hal ini sering dirahasiakan pihak penjual supaya cepat laku. Untuk itu, pedagang menolak mobilnya diuji coba, selain itu juga demi keamana. Namun melakukan test drive di sini sangat aman karena sistem keamanan di area mall cukup ketat,” ungkap Johannes.

Senior marketing manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih menjelaskan sejak dulu fasilitas test drive diberikan kepada calon konsumen.

“Dengan melakukan test drive, konsumen akan jauh lebih puas Karen mengetahui persis mobil yang akan dibelinya. Selain itu jika ada kerusakan, maka bisa dirundingkan lagi antara pedagang dan pembeli,” kata Herjanto sambil menambhkan di area mall ini juga terdapat pusat pertokoan onderdil dan bengkel.

“Konsumen atau pedagang bisa melakukan servis atau beli suku cadang maupun aksesori di sini juga,” ujar Herjanto. (joko/ds)