Thursday, 20 September 2018

Personil Polda Jateng Siap Diterjunkan ke Wilayah Bencana Alam

Sabtu, 2 Desember 2017 — 11:31 WIB
polda

SEMARANG ( Pos Kota ) – Ribuan personil terlatih Polda Jateng disiapkan untuk diterjunkan ke wilayah bencana alam. Langkah Polda Jateng ini sebagai upaya antisipasi  terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor yang berpotensi terjadi di musim penghujan sekarang ini.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, sebanyak 1.207 personil sudah disiapkan. “Ribuan personil Polda Jateng ini sudah terlatih, khususnya dalam menangani bencana alam,” ujarnya, Sabtu (2/12/2017).

Menurut dia, langkah Polda Jateng ini merupakan cara menyikapi risiko tinggi dengan adanya perubahan cuaca. Selain itu, Polda Jateng juga menyiapkan 500 personil Brimob untuk diberangkatkan ke Bali untuk membantu penanggulangan bencana  terkait dengan erupsi Gunung Agung .

Disebutkan, petugas sudah siap, tinggal menunggu instruksi dari Mabes Polri saja untuk pemberangkatannya. “Semua personil itu sudah terlatih untuk siaga bencana, mereka berasal dari berbagai kesatuan, terutama dari Samapta Bhayangkara (Sabhara),” ungkap Condro Kirono .

Selain ke Bali, lanjutnya, Polda Jateng juga mengirim anggota ke wilayah jalur rawan bencana atau daerah yang mengalami bencana, seperti Sukoharjo , Wonogiri , Sragen, Karanganyar, Purworejo dan lainya. ”Pokoknya kita siap siaga 24 jam .kalau terjadi bencana silahkan hubungi Polres terdekat,” lanjutnya.

Meski begitu, Kapolda juga mengingatkan masyarakat agar lebih waspada. Terlebih saat memutuskan berlibur ke pantai, yang mana memiliki risiko tinggi dengan adanya perubahan cuaca gelombang tinggi.

Jajaran Polda Jateng juga disiapkan untuk memantau obyek wisata, khususnya pantai.  Pihaknya tak menginginkan ada hal yang tak diinginkan sampai terjadi. Apalagi sudah diantisipasi.

Ditambahkan, jajaran juga diimbau agar rajin-rajin melihat dan memonitor perkembangan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG). (Suatmadji/win)