Friday, 20 September 2019

Sempat Ketinggalan, Chelsea Tekuk Newcastle United 3-1

Sabtu, 2 Desember 2017 — 21:42 WIB
Tendangan penalti Eden Hazard membuat Chelsea unggul 3-1 (reuters)

Tendangan penalti Eden Hazard membuat Chelsea unggul 3-1 (reuters)

INGGRIS – Bertamu ke kandang Chelsea, Newcastle United harus mengakui keunggulan tuan rumah setelah ditekuk dengan skor telak 3-1, Sabtu (2/12/2017)

Bermain di Stamford Bridge, Newcastle United yang belum pernah menang di lima pertandingan terakhir dengan empat kekalahan dan satu hasil seri, sempat unggul terlebih dahulu berkat gol Dwight Gayle.

Namun gol Eden Hazard dan Alvaro Morata membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah di akhir babak pertama.

Hazard kembali menambah keunggulan tuan rumah di babak kedua dari titik penalti setelah Matt Ritchie menjatuhkan Victor Moses di kotak penalti.

Manajer Newcastle United, Rafa Benitez, tidak mempunyai banyak pilihan saat membawa timnya berkunjung ke kandang Chelsea. Bek sekaligus kapten Jamaal Lascelles masih dililit cedera. Demikian juga penyerang Christian Atsu yang mengalami cedera saat menjamu Bournemouth awal bulan November lalu.

Sedangkan Antonio Conte tidak bisa menurunkan David Luiz dan gelandang Kenedy yang masih cedera. Conte yang musim lalu mempersembahkan gelar juara Premier League untuk Chelsea, mempercayakan Cesar Aspilicueta untuk menggantikan posisi David Luiz.

Walaupun secara teori Chelsea lebih kuat, namun menit ke-12 Chelsea kebobolan karena kesalahan Marcos Alonso. Winger kiri ini mengoperkan bola ke kiper Thibaut Courtois tanpa menyadari Jacob Murphy berada di dekatnya. Courtois dengan cepat melompat menahan bola dari kaki Murphy dan bola liar melayang ke arah Gayle yang dengan mudah mengirimkan ke gawang Chelsea yang kosong.

Tuan rumah masih terus menekan tamunya demi mengejar ketinggalan dan setelah sontekan Hazard ditepis oleh Karl Darlow dan sundulan Andreas Christensen melayang di sisi luar gawang Newcastle, Hazard membuat kedudukan imbang di menit ke-21.

Bola yang dibuang oleh bek Florian Lejeune justru mengarah ke Hazard yang dengan tenang mengirimkan sepakan voli melewati Darlow yang hanya bisa melihat bola menggetarkan jaring gawangnya.

Menit ke-33, Morata membuat tuan rumah unggul. Bek Lejeune dan Chancel Mbemba tidak bisa menghentikan umpan silang Victor Moses. Bola terus melayang dan satu sentuhan ringan Morata membuat bola kembali menggetarkan gawang Newcastle.

Gol kedua Hazard datang di menit ke-74. Setelah wasit Kevin Friend menunjuk titik putih, pesepak bola asal Belgia ini mengarahkan bola ke sisi kiri gawang. Darlow bisa menyentuh bola sepakan Hazard namun tidak bisa menghentikannya. 3-1 untuk tuan rumah.

Hazard nyaris membuat gol ketiga, hanya dua menit kemudian. Umpan terobosan dari Morata diarahkan ke gawang tamunya. Namun kali ini Darlow bisa menghentikannya.

Newcastle nyaris mendapat gol hiburan di menit terakhir saat Ciaran Clark mengarahkan sundulannya ke gawang Chelsea. Namun bola masih bisa dihentikan oleh COurtois.

Kemenangan ini membuat Chelsea mengumpulkan poin 32, sama dengan peringkat dua Manchester United yang akan bertamu ke kandang Arsenal. Sementara Manchester City yang berada di puncak klasemen baru akan bertanding hari Minggu esok.

Chelsea: Courtois; Azpilicueta, Christensen (Cahill, 80′), Rudiger; Moses, Kante, Drinkwater, Fabregas (Bakayoko, 78′), Alonso; Hazard (Willian, 78′), Morata

Newcastle United: Darlow; Manquillo, Clark, Lejeune, Mbemba; Ritchie, Merino (Yedlin, 85′), Diame (Shelvey, 75′), Murphy, Perez (Hayden, 62′); Gayle