Tuesday, 17 September 2019

Takut Terjadi Gesekan, Kontes Waria Dibubarkan Polisi

Senin, 4 Desember 2017 — 23:35 WIB
Parade waria dan LGBT di Hong Kong (reuters)

Parade waria dan LGBT di Hong Kong (reuters)

JAKARTA-Kontes waria di Hotel Singgasana, Makassar, Sulawesi Selatan Senin (4/12/2017) malam dibubarkan polisi.

Kontes berkedok Grand Final Duta HIV/AIDS dan Narkoba ini dibubarkan Polsek Ujungpandang karena tidak mengantongi izin dari aparat kepolisian maupun dari Pemerintah Kota Makassar

Kapolsek Komisaris Polisi (Kompol) Wahyu mengatakan pihaknya membubarkan paksa kontes waria tersebut karena takut keributan. Takut ada gesekan dari yang tidak menginginkan acara itu digelar “Panitia mengajukan permohonan izin tadi pagi dan acara akan dilaksanakan pada malam hari. Kami tidak memberikan izin karena takutnya terjadi gesekan dengan pihak lain. Makanya kami bubarkan paksa,” tegasnya.

“Saat dibubarkan panitianya semua waria ini langsung kita suruh pulang dan acaranya dibatalkan,” katanya.

Wahyu menambahkan, meski kegiatan tersebut berkaitan dengan HIV/AIDS, tapi berkaitan dengan aktivitas kontes waria. Jadi kuat dugaan acara itu hanya kedok untuk kontes waria yang akan digelar

“Jadi sebelum acara itu dilaksanakan kita tutup, karena meski dibungkus dengan tema hari AIDS sedunia tapi ada beberapa acara yang mungkin tidak sesuai,” tambah Kapolsek Ujung Pandang .

Sejumlah waria terpaksa pulang dan tak jadi mengikuti kontes berbalut pagelaran busana itu. Pihak hotel maupun panitia belum memberikan keterangan terkait pembubaran acara itu.

“Ada yang kembali pulang, kalau mereka yang tinggal dan menginap di hotel silakan menginap. Tapi untuk kegiatan sudah tidak boleh dilakukan, pihak hotel juga sudah kooperatif,” lanjut Wahyu.(B)