Tuesday, 20 November 2018

Soal Datang Terlambat, Ujian Akhir Murid SD di Tapos Depok Ditunda

Selasa, 5 Desember 2017 — 0:29 WIB
Sejumlah murid SDN Curug, Bojongsari saat mengikuti ujian penilaian akhir semester (PAS). (anton)

Sejumlah murid SDN Curug, Bojongsari saat mengikuti ujian penilaian akhir semester (PAS). (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Sebanyak 40  Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan swasta di lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Semester (UAS) dua mata pelajaran matematikan dan agama ditunda hari Sabtu (9/12/2017). Ini akibat soal untuk ujian datang terlambat ke sekolah yang ada.

“Ada sekitar 40 unit SDN dan swasta di Tapos kegiatan PAS atau UAS g harus ditunda atau diundur pelaksanaan ujian dua mata pelajaran matematika dan agama akibat soal untuk ujian terlambat sekitar dua jam dari waktu yang ditentukan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota depok M. Thamrin, Senin (4/12).

Keterlambatan pengiriman soal itu oleh petugas, karena pencetakan soal dilakukan bukan di kecamatan terdekat sehingga pelajar, guru maupun staf pengawas harus menunggu soal yang akan dikerjakan dalam ujian kelas VI tersebut. “Bukan seluruh sekolah di Depok tapi hanya di wilayah Tapos saja yang ada keterlambatan sehingga kegiatan PAS diundur atau tunda hari sabtu (9/12) mendatang,” ujarnya.

Karena terlambat hampir dua jam, tambah dia, tentunya kegiatan ujian untuk dua mata pelajaran tidak dapat dilakukan sehingga disepakti dilakukan hari sabtu (9/12) mendatang. .
Sejumlah orang tua murid menyayangkan kejadian tersebut. “Wah… Apalagi kalau kegiatan ujian nasional kasihan anak-anak yang sudah siap-siap ternyata harus ditunda,” kata Ny. Ine, warga Tapos, yang berharap Disdik Depok untuk memberikan sanksi tegas kepada penanggung jawab percetakan ujian tersebut. (anton)