Sunday, 17 December 2017

Komisi I DPR Setuju Marsekal Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI

Rabu, 6 Desember 2017 — 17:26 WIB
,  Marsekal Hadi Tjahjanto  jalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon Panglima TNI di Komisi I DPR. (timyadi)

, Marsekal Hadi Tjahjanto jalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon Panglima TNI di Komisi I DPR. (timyadi)

JAKARTA (Pos Kota)- Marsekal Hadi Tjahjanto sepertinya akan mulus menjadi Panglima TNI. Pasalnya dalam uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan gelar Komisi I DPR, Rabu (6/12), berlangsung tanpa penolakan.

Uji kelayakan yang dilakukan sejak Rabu pagi akhirnya dalam rapat Komisi I Rabu sore, akhirnya disetujui Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI. Komisi I juga menyetujui pemberhentian secara hormat Jenderal Gatot Nurmantyo.

Sementara, calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono lebih banyak menghindar dari pertanyaan wartawan termasuk soal pemeriksaan mantan KSAU Marsekal (Purn) Agus Supriatna. “Negara hukum. Ikuti aturan saja. Nanti setelah menjadi panglima, saya akan jawab,” kata Hadi.

Dalam rapat yang berlangsung tertutup, seluruh fraksi yang memaparkan pendapat, menganggap Hadi layak menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi orang nomor satu TNI.

Dari beragam isu yang dibahas dalam fit and proper test tersebut, independensi TNI dalam dunia politik menjadi sorotan utama.

“Tidak ada keberatan, apa yang diajukan presiden soal panglima kami selalu setujui,” kata Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Gerindra, Asril Tanjung
Asril menuturkan, fraksinya menyetujui pencalonan Hadi dengan dua syarat. Satu di antaranya, kata Asril, Kepala Staf Angkatan Udara itu harus berkomitmen menjaga netralitas TNI dalam pilkada 2018 dan pemilu 2019.(B)