Monday, 11 December 2017

20 Ribu Benih Ikan Nila ditebar di Kolam RPTRA di Cipayung

Kamis, 7 Desember 2017 — 19:56 WIB
Penebaran benih ikan di RPTRA Gebang Sari, Cipayung, Jakarta Timur. (Ifand)

Penebaran benih ikan di RPTRA Gebang Sari, Cipayung, Jakarta Timur. (Ifand)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 20 ribu benih ikan nila disebar di kolam Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gebang Sari, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017). Diharapkan tempat itu kelak akan dipenuhi ikan yang bisa dimanfaatkan warga setempat.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengatakan, kegiatan tebar benih ikan ini merupakan yang ke sembilan dilaksanakan. “Dengan menyebar benih ikan ini, warga sekitar bisa mengkonsumsi ikan dan merubah gizi warga,” katanya.

Ia berterima kasih kepada Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur, yang telah menyiapkan puluhan ribu benih. Pasalnya, total keseluruhan benih yang disebar diwilayahnya sudah mencapai 670 ribu ekor benih ikan. “Di penghujung tahun ini, kami nanti akan menyebar benih ikan di Yonif 201 di Kecamatan Pasar Rebo,” ujarnya.

Dengan ratusan benih ikan yang sudah ditebar, Bambang berharap penyebaran ikan ini dapat bermanfaat bagi warga. Kelak warga boleh mengambil ikan namun dengan cara memancing dan tidak disarankan untuk menjala.

“Saya mohon jika ikan yang didapat masih kecil dikembalikan tapi yang sudah agak besar boleh dibawa pulang, jadi saya berikan kebebasan untuk warga dalam wisata memancing ikan ” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur, Agung Priambodo menambahkan, disebarnya benih ikan dengan jenis nila ini karena ikan tersebut merupakan jenis ikan dengan kadar gizi yang tinggi dan tahan lama. “Sehingga, tanpa perlu perawatan khusus ikan ini akan berkembang biak dan bisa dimanfaatkan warga dengan baik,” ujarnya.

Untuk penebaran benih ikan itu sendiri, kata Agung, sudah 670 ribu ekor untuk wilayah Jakarta Timur. Ia pun berharap semua ikan yang ditebar, memberikan gizi yang baik untuk masyarakat sehingga penebaran benih ikan nila dapat meningkatkan gizi masyarakat. “Mudah-mudahan dengan semua yang dilakukan, bisa bermanfaat baik untuk warga,” ungkapnya. (ifand/yp)