Thursday, 14 December 2017

Anggota FKDM Bukan Intel Pemda

Kamis, 7 Desember 2017 — 14:44 WIB
Wakil Walikota Jakbar HM Zen tengah mengukuhkan anggota FKDM PAW se Jakbar. (Tarta)

Wakil Walikota Jakbar HM Zen tengah mengukuhkan anggota FKDM PAW se Jakbar. (Tarta)

JAKARTA (Pos Kota) – Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bukan bertugas sebagai intel Pemprov DKI Jakarta. Namun, sebagai mitra pemerintah daerah, dengan mendeteksi secara dini berbagai potensi ancaman yang selanjutnya direkomendasikan kepada lurah, camat dan walikota.

“Anggota FKDM itu mitra pemerintah daerah, bukan gagah-gagahan dan menakuti aparatur pemerintah,” jelas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Darwis Muhammad Aji dalam arahannya pada pengukuhan 93 anggota FKDM se Jakarta Barat, Kamis (7/12/2017).

Darwis mengingatkan sistem pelaporan yang diperoleh anggota FKDM tidak dapat disebarluaskan kepada LSM, organisasi masyarakat maupun wartawan. “FKDM merupakan mata dan telinga pemerintah dalam menjaga stabilitas Kamtibmas Ibukota,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakbar, HM Zen meminta anggota FKDM PAW yang telah dikukuhkan segera mengemban tugas strategis yakni mendeteksi secara dini berbagai potensi ancaman baik yang ditimbulkan faktor alam maupun manusia.

“Hasil laporan anggota FKDM akan dijadikan rekomendasi kepada pimpinan wilayah setempat yaitu lurah, camat dan walikota mengenai kebijakan kewaspadaan dini masyarakat,” ujar M Zen.
Wakil walikota mengingatkan agar anggota FKDM harus menjadi katalisator di lingkungannya. Menanamkan sikap rendah hati, menyatu dengan masyarakat sehingga informasi penting dengan mudah diperoleh.

(tarta/sir)