Monday, 11 December 2017

Anies Mendorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Angkutan Umum

Kamis, 7 Desember 2017 — 20:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kondisi lalulintas yang semakin macet dikarenakan banyak faktor. Namun yang berperan besar adalah akibat pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak terkendali serta banyaknya infrastruktur di Ibukota yang dibangun secara serentak.

“Untuk mengatasi masalah kemacetan perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk produsen kendaraan, pemerintah pusat, masyarakat, dan lainnya,” ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Pertumbuhan jumlah kendaraan di Jakarta setiap harinya sekitar 800 unit mobil dan 1.400 unit sepeda motor benar-benar luar biasa. “Sebaliknya panjang jalan nyaris tak bertambah,” sambungnya.

Selain itu, sejumlah proyek infrastruktur dikerjakan secara berbarengan karena memang tak bisa dihindari. Proyek tersebut antara lain pembangunan MRT, LRT perbaikan trotoar maupun pedesttian, pembangunan halte bus, galian jaringan utilitas, perbaikan jalan dan saluran air. “Kegiatan pembangunan infrastruktur itu turut menyumbang kemacetan lumayan besar sehingga lalulintas di Jakarta makin berat, ” papar Anies.

Untuk jangka panjang, Pemprov DKI akan terus berusaha mendorong masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih ke moda angkutan umum. “Hanya inilah cara yang paling efektif mengurangi kemacetan. Masyarakat yang sehari-hari mengendarai mobil pribadi maupun sepeda motor diarahkan untuk menggunakan bus Transjakarta, buskota, mikrolet, dan sejenisnya serta KRL atau commuter line,” kata Anies yang baru dua hari lalu mengikuti rapat soal transportasi di Kementerian Perhubungan.

Untuk mendorong masyarakat beralih ke angkutan umum tentu pembangunan sistem tranportasi harus dilakukan lebih serius. “DKI akan terus mendorong percepatan pembangunan jalur MRT maupun LRT agar berjalan tanpa kendala sehingga selesai sesuai target,” papar Anies yang akan menambah armada busway. (joko/yp)