Sunday, 17 December 2017

Serentak, Kades Terpilih Langsung Dilantik Nanti Malam

Kamis, 7 Desember 2017 — 13:05 WIB
Suasana Pilkades di Purwakarta yang digelar serentak. (dadan)

Suasana Pilkades di Purwakarta yang digelar serentak. (dadan)

PURWAKARTA (Pos Kota) – Tujuh Desa dari 5 Kecamatan di Purwakarta, Jawa Barat menggelar Pemilihan Langsung Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, Kamis (07/12/2017).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Setda Purwakarta, Suhandi menjelaskan setelah usai, Pemkab Purwakarta langsung menyiapkan acara pelantikan di Bale Maya Datar yang diselenggarakan malam hari ini, Kamis (7/12/2017).

“Kades terpilih akan langsung dilantik nanti malam,” ungkap Suhandi.

Menurutnya, langsung dilantik setelah pemungutan suara, merupakan sebuah tradisi yang dilakukan di Purwakarta.Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Ini sudah dilakukan sejak 2015 lalu. Siangnya pemungutan suara setelah ada pemenangnya langsung dilantik dan besoknya bisa langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat,”jelas dia.

Ketujuh desa yang menggelar Pilkades serentak adalah Desa Jatimekar dan Mekar Galih Kecamatan Jatiluhur, Desa Linggar Sari, Liung Gunung Kecamatan Plered, Desa Sukajadi Kecamatan Pondok Salam, Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong dan Desa Cianting Kecamatan Sukatani. Sebelumnya Pilkades dengan PAW telah digelar di Desa Sukatani Kecamatan Sukatani.

Ditempat terpisah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Purwakarta menjamin pelaksanaan Pilkades serentak berlangsung aman dan lancar.

“Insya Allah berjalan lancar dan aman. Kita juga telah menyiapkan pengamanan serta monitoring langsung kelapangan antara dinas dan pihak terkait,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Panda Dinata.
(dadan/sir)