Thursday, 14 December 2017

Undian Liga Champions Digelar 11 Desember, Liverpool Mungkin Bertemu Madrid

Kamis, 7 Desember 2017 — 8:42 WIB
Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

JAKARTA (Pos Kota)- Lengkap sudah tim yang maju ke babak 16 Liga Champion. Mereka akan berlaga dengan sistem knock out atau dua tim saling berhadapan dengan sistem home and away untuk menuju perempat final.

Undian akan digelar Senin 11 Desember 2017 di markas UEFA. Tentu ke-16 tim harap-harap cemas menanti bertemua siapa di babak penentuan itu dengan sistem gugur itu.

Kali ini Inggris mendominasi tim yang lolos yaitu lima masing-masing Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Semua tim yang berlaga lolos dan yang hebatnya lagi empat di antaranya juara grup, Hanya Chelsea yang gagal jadi pemuncak klasemen.

Sementara itu Spanyol mampu mengirim tiga wakilnya yaitu Barcelona, Real Madrid dan Sevilla. Adapun Italia diwakili dua tim yaitu Juventus dan AS Roma.

Ini kali pertama Jerman hanya diwakili satu tim yaitu Bayern Munchen. Tim lain yang lolos adalah Basel dari Swiss, Shakhtar Donetsk dari Ukraina, Porto dari Porugal dan Besiktas dari Turki serta Paris Saint Germain dari Prancis.

Berdasarkan aturan drawing babak 16-besar Liga Champions, beberapa hal yang perlu dicermati, antara lain:

1) dua klub dari grup yang sama tidak mungkin bertemu;

2) dua klub senegara tidak mungkin dipertemukan;

3) juara grup tak bisa berjumpa juara grup, begitu pula runner-up grup tak mungkin bersua runner-up grup.

Dengan kata lain, setiap tim mempunyai beberapa skenario drawing. Sebut saja Liverpool yang jadi juara Grup E sangat mungkin bertemu Bayern, Juventus, Real Madrid, Shakhar Donetsk dan Porto. Kelima tim ada di peringkat kedua masing-masing grup.
Namun menurut manajer Liverpool Jurgen Klopp dia tidak memiliki preferensi siapa yang ingin dihadapi di babak 16 besar Liga Champions, namun pelatih asal Jerman itu mengakui timnya akan cenderung berjumpa dengan Real Madrid.

Seperti diketahui, Liverpool tampil sebagai juara grup, unggul atas Sevilla, yang di pertandingan lain hanya bermain imbang 1-1 kontra Maribor.
Dengan torehan 21 gol, Liverpool memecahkan rekor baru di Liga Champions dengan menjadi klub pertama yang mencetak gol paling banyak di putaran grup kompetisi ini dibandingkan tim-tim Inggris lainnya.

“Tidak ada yang membayangkan kami akan terjadi seperti malam ini,” ujar Klopp

“Saya tidak terlalu memikirkan siapa yang akan kami hadapi–biasanya saya selalu mendapat Real Madrid, jadi kami akan lihat. Kami memiliki memiliki preferensi lawan. Ini akan menjadi sangat indah setelah waktu yang panjang. Saya suka kabar semacam ini.”(b)