Monday, 11 December 2017

KPAI Rekomendasikan SDN Sadah ke Kemendikbud

Jumat, 8 Desember 2017 — 6:56 WIB
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. (haryono)

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. (haryono)

SERANG (Pos Kota) – Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, meninjau SD Negeri Sadah di Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kedatangan Retno ini pasca viralnya surat “Sekolahku Bekas Kandang Kerbau” yang ditulis Devi Marsya, siswi SD Sadah.

“Saya menilai kondisi SD Negeri Sadah di bawah standar minimum pendidikan sehingga tak layak sebagai sarana belajar,” ungkap Retno kepada wartawan usai menunjau SDN Sadah.

Retno mengatakan KPAI akan merekomendasikan hasil kunjungan ini kepada pemerintah daerah dan Kemendikbud untuk bersama-sama membangun kembali ruang kelas tersebut. “Dari sisi sarana prasarana jauh dari layak,” ujarnya.

Retno menyebutkan, di sekolah ini hanya ada 6 ruang belajar dengan ruang yang terpisah-pisah. Dengan 98 murid hanya ada 1 WC yang digunakan murid dan guru.

“Itu memang tidak layak. Sementara di sekolah sebelumnya yang digusur, mereka punya 4-5 WC. Bangunannya semi permanen. Kondisi ini jauh dari layak juga kalau kita melihat,” ujarnya.
Retno juga menyebutkan bahwa bangunan sekolah dekat dengan kandang hewan yang menimbulkan bau tak sedap.

“Ada kandang bebek yang mungkin bagi warga sudah terbiasa. Kalau kita yang jauh bisa merasakan. Lapangan, kantin, dan lain-lain yang jauh dari delapan standar minimum pendidikan sehingga bisa kita kategorikan jauh dari layak. Ruang kepala sekolah saja kecil itu juga tidak layak,” ungkapnya.

Retno mengatakan bahwa ramainya pemberitaan tentang SD Negeri Sadah harus jadi momentum bagi semua pihak untuk memberi perhatian kepada pendidikan.

“Kita juga berterima kasih kepada ananda Devi yang telah berani mengungkapkan ini. Ini momentum bagi pemerintah untuk segera membebaskan lahan dan membangun sekolah ini. Ini yang akan kita rekomendasikan. Kita akan kirim surat ke Kemendikbud termasuk kepala daerah,” ujarnya.
(haryono/sir)