Thursday, 14 December 2017

Pertanian Masuk Kota Hasilnya Luar Biasa

Jumat, 8 Desember 2017 — 0:09 WIB
Pertanian masuk kota yang digelar Poskota di wilayah Cipayung. (Ifand)

Pertanian masuk kota yang digelar Poskota di wilayah Cipayung. (Ifand)

JAKARTA (Pos Kota) – Pertanian masuk kota dengan program penanaman hidroponik, digagas Pos Kota, pipa Power, dan Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Melalui itu, warga yang selama ini tinggal di Jakarta dan sulit mendapatkan lahan hijau, bisa memanfaatkan wadah paralon agar tetap bisa menanam sayuran.

Program itu diperlombakan pihak Kecamatan Cipayung dengan melibatkan 80 kelompok peserta dari tujuh kelurahan. Hasilnya luar biasa, saat ini seluruh warga yang pandai bercocok taman dengan menggunakan wadah paralon, diharapkan bisa menularkan ilmu mereka ke warga lainnya.

Ny. Lies, 51, yang mengaku bersyukur dengan program pertanian masuk kota yang mengajarkan banyak hal. Pasalnya, hanya dengan menggunakan wadah, sayur-sayuran bisa dengan mudah ia taman didepan rumahnya. “Alhamdulillah jadi bisa bercocok tanam seperti ini, terima kasih Poskota,” katanya, Kamis (7/12).

Dikatakan Ny. Lies, dari pelajaran yang ia dapatkan bersama kelompoknya, wanita ini mengaku akan menularkan ilmunya. Harapannya, agar setiap rumah yang ada, di depan gangnya terdapat tanaman hidroponik. “Selain bisa mempercantik lingkungan, pastinya ini berguna untuk si pemilik rumah. Karena dapat sayuran gratis,” ujarnya.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengatakan, program pertanian masuk kota ini yang dibuka dengan pelatihan pada bulan lalu, telah membuahkan hasil yang memuaskan. Sehingga berkat kerja keras para warga dari setiap Kelurahan, membuahkan hasil yang sangat baik.

“Kegiatan ini memang membutuhkan waktu dan perhatian, karena itu ilmu yang didapat mohon ditularkan ke seluruh masyarakat Cipayung. Selain itu untuk pelatih juga diharapkan jangan sayuran saja, cabe juga bisa ditanam disini, karena itu sangat penting dapat meningkatkan perekonomian masyarakat ” tambahnya.

Ditambahkan Bambang, dengan hasil yang memuaskan itu, bukan tidak mungkin pada tahun mendatang program itu akan menjadi unggulan di Jakarta Timur. Pihaknya pun akan mendukung hal tersebut agar seluruh wilayah di 10 kecamatan bisa hijau. “Program ini sangat baik karena juga bermanfaat bagi warga dan lingkungan,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Pemimpin Redaksi Pos Kota, H. Toto Irianto mengatakan, wilayah Jakarta Timur yang masih dipenuhi dengan rindangnya pepohonan dan udara yang sejuk, membuat pertanian masuk kota berjalan dengan baik diwilayah tersebut. “Berbeda dengan wilayah lain, kami menilai hasil yang didapat di Jakarta Timur, luar biasa,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan pertanian masuk kota dengan penanaman hidroponik, untuk menyongsong HUT-48 Pos Kota. Pihaknya menilai, tanpa dukungan dari Pipa Power, pihaknya kurang optimis Pertanian masuk kota berjalan dengan baik. “Melalui kegiatan ini, pastinya berguna mendukung ketahanan pangan. Sehingga, anugrah yang diberikan Allah, mari kita manfaatkan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (Ifand)