Wednesday, 13 December 2017

Sepeninggal Laila Sari, Tangkiwood Tinggal Nama

Jumat, 8 Desember 2017 — 7:01 WIB
Perkampungan artis Tangkiwood, Jakarta Barat. (mo3)

Perkampungan artis Tangkiwood, Jakarta Barat. (mo3)

JAKARTA (Pos Kota) – Bila Amerika punya Hollywood dan India memiliki Bollywood, maka Indonesia punya Tangkiwood. Namun kawasan yang biasa ditempati artis Indonesia tempo doeloe ini tak ada lagi kerlipnya.

Tempat itu, tepatnya Jalan Tangki di Kelurahan Tangki, Jakarta Barat, bukan lagi kampung artis. Lingkungan itu adalah jalan kecil yang hanya bisa dilintasi satu mobil bahkan gang sempit hanya untuk untuk satu motor serta pejalan kaki.

Di tempat itu, pernah tinggal artis, musisi dan seniman lainnya. Di antaranya Tan Tjeng Bok alias Pak Item, Wolly Sutinah alias Mak Wok, juga pelawak Kwartet Jaya mulai dari Bing Slamet, Eddy Sud, Ateng, dan Iskak. Bahkan penggesek biola kondang, Idris Sardi, juga lahir dan besar di Tangkiwood.

Ida Jafar, warga, mengatakan Tangkiwood ngetop di masa Bing Slamet berjaya. Namun pada akhirnya banyak artis meninggalkan perkampungan itu.

nenek tangkiwood

“Bekas rumahnya masih ada tapi orangnya nggak ada lagi,” ucap nenek 92 tahun ini. “rumah nggak dijual tapi ditempati cucu-cucunya.”

Hendi, warga lain, mengatakan artis terakhir yang bertahan di Tangkiwood adalah Laila Sari. Lady Rocker ini meninggal pada 20 November 2017.

“Sudah nggak ada lagi, semua sudah habis (artis yang tinggal di Tangkiwood,” katanya. “Sebelumnya, waktu Laila Sari masih ada, artis temannya masih suka datang.”

Agaknya, sepeninggal Laila Sari tak ada lagi gemerlap artis di tempat itu. Tangkiwood pun tinggal nama. (mo4/yp)