Tuesday, 23 October 2018

Resmi, Hadi Tjahjanto Pegang Tongkat Komando Panglima TNI

Sabtu, 9 Desember 2017 — 10:20 WIB
Upacara sertijab Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur,  (ist)

Upacara sertijab Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berlangsung dalam suatu upacara militer di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017). Ditandai dengan penyerahan secara resmi tongkat komando Panglima TNI.

Sebelum acara penyerahan tongkat komando, lima pesawat tempur milik TNI AU melintasi udara tempat upacara.

Usai penyerahan tongkat komando, Marsekal Hadi dan Jenderal Gatot menandatangani berita acara sertijab. Upacara ini dihadiri  antara Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi dan Wakasau Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna.

Jenderal Gatot Nurmantyo pada sambutannya  meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selama memimpin TNI terdapat kesalahan dan kekurangan. Ia berharap TNI ke depan semakin lebih baik, profesional  dan lebih dipercaya masyarakat.

Gatot sempat dua kali mengulang perkataannya agar TNI menjaga netralitas dalam pilkada 2018 dan Pilpres pada tahun 2019 mendatang.

Sementara Panglima TNI Marsekal TNI hadi Tjahjanto dalam sambutan pertamanya, mengucapkan terima kasih kepada Jenderal TNI Gatot Nurmantyo atas pengabdiannya di TNI. Marsekal Hadi berjanji akan melanjutkan program yang telah digagas oleh Jenderal Gatot untuk `Bersama Rakyat TNI kuat`.

 

panglima-hadi

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyalami perwira tinggi pada upacara sertijab di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. (rizal)

LULUSAN 

Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986. Tahun 2010, Hadi menjabat sebagai Komandan Lapangan Udara Adi Soemarmo,

Setahun kemudian, dia menjabat tugas di luar TNI AU menjadi Perwira Bantuan I/Rencana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara. Dua tahun setelah itu, Hadi berpangkat Kolonel dan dipercaya menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional.

Dua bulan menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI AU (2013-2015), Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, pada Juli 2015, Hadi ditugasi menjadi Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda. Pada bulan November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan.

Tiga bulan setelah menjabat sebagai Irjen Kemenhan, Hadi terpilih menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, pada 18 Januari 2017.

(rizal/sir)