Sunday, 18 February 2018

Setelah Dikeluhkan Warga, Akhirnya Saluran Air Ini Dikeruk

Sabtu, 9 Desember 2017 — 7:31 WIB
Sejumlah petugas dari Sudin Sumber Daya Air sedang melakukan pengerukan lumpur di saluran Jalan Sindang Terusan. (wandi)

Sejumlah petugas dari Sudin Sumber Daya Air sedang melakukan pengerukan lumpur di saluran Jalan Sindang Terusan. (wandi)

JAKARTRA (Pos Kota) – Setelah di keluhkan warga beberapa kali dan dilaporkan saat layanan pengaduan Sabtu, akhirnya saluran air sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Koja, Jakarta Utara dilakukan pengurasan. Ini dilakukan karena selama ini setiap kali hujan meski hanya sebentar dipastikan air akan menggenang jalanan sehingga mengganggu aktivitas warga.

Suratman,45, salah seorang warga mengaku bersyukur saluran air di wilayahnya yang selama ini sebagai biang genangan di lakukan pengerukan. Menurutnya, pengurasan ini dilakukan setelah warga beberapa kali mengeluhkan dan terakhir melaporkan saat layanan Pengaduan hari Sabtu.

“Selama ini memang jika hujan sebentar saja kawasan ini selalu tergenang dan banjir. Akibatnya aktivitas warga sangat terganggu, makanya dengan adanya pengusaran ini kedepan diharapkan tidak akan ada lagi genangan air,”terang Suratman.

Sementara itu, Camat Koja, Yusuf Madji mengatakan, memang pihaknya melakukan pengurasan saluran air di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Koja. Menurutnya, dalam pengusaran pihak Sudin Sumber Daya Air, Pemkot Jakarta Utara, mengerahkan sebanyak 20 personil untuk membersihkan saluran tersebut.

“Saluran di Jalan Sindang Terusan merupakan penghubung saluran dari Jalan Deli Raya hingga Lorong 103. Jika kondisi saluran ini tidak berfungsi akan menimbulkan dampak banjir ditiga lokasi tersebut,”terang Yusuf Madjid.

Diakui oleh Camat, memang saat ini kondisi saluran sudah tidak dapat menampung air lagi. Sebab selain padat lumpur juga sampah, akibatnya jika hujan air akan meluber dan menggenangi beberapa lokasi.

Dengan adanya pengerukan lumpur saluran merupakan salah satu upaya untuk menormalisasi saluran dan genangan yang ada di wilayah. Selain itu pengurasan tersebut juga merupakan langkah antisipasi meminimalisir genangan di Jakarta Utara, khususnya jalan-jalan di wilayah Kecamatan Koja.

“Dengan kata lain, pengerukan ini dapat meminimalisir genangan sekaligus menambah daya tampung saluran air. Kedepan saya berharap kepada warga untuk tidak membuang sampah lagi di saluran tersebut,” tandasnya.

(wandi/sir)