Saturday, 20 October 2018

Kalahkan MU 1-2 Manchester City Kian Sulit Dikejar

Senin, 11 Desember 2017 — 2:19 WIB
Nicolas Otomendi jebol gawang MU yang dijaga Davd de Gea (reuters)

Nicolas Otomendi jebol gawang MU yang dijaga Davd de Gea (reuters)

INGGRIS- Manchester City akhirnya mampu menuntasakan ambisinya mengalahkan tim sekota Manchester United 2-1 yang dihelat di Old Trafford, Senin (11/12/2017) dinihari WIB.

Kedua gol Man City dicetak oleh David Silva menit ke-43 dan Otamendi menit ke-54. Sedangkan gol balasan MU dicetak oleh Marcus Rashford pada perpanjangan waktu babak pertama.

Dengan kemenangan ini, Man City kian sulit dikejar dan sudah diambang juara. Pasalnya hingga laga 16, anak asuh Pep Guardiola itu sudah mengemas 42 angka berjarak 11 dari Man United yang baru saja dikelahkan.

MU sendiri masih berada di posisi kedua dengan nilai35 dan Chelsea berada di posisi ketiga dengan mengemas 32 poin.

Jarak The Citizen semakin menjauh karena memang pada laga ke-16 Liga Inggris tim papan atas tidak ada yang memang kecuali Tottentan Hotspur yang mampu menggasak Stoke City 5-1.

Seperti diketahui Chelsea kalah 1-0 dari West Ham United, Arsenal ditahan imban Southamptoon 1-1 dan Liverpool juga harus bermain imbang 1-1 dengan Everton.
Tidak itu saja kemenangan ini juga membawa tinggal Manchester City di Liga Inggris belum terkalahkan hingga laga ke-16 dan baru sekali seri. Ini adalah rekor tersendiri buat sang pelatih Pep Guardiola.

Hal ini juga membuat MU kalah dua kali di kandang dalam satu musim hingga dengan dua gol.

Bermain di markas lawan tak menghalangi City mendominasi permainan. City mendapatkan kans pertama pada menit ke-18, tapi sayang sepakan Gabriel Jesus setelah menerima umpan Fernandinho lemah dan mudah diantisipasi David De Gea.

City akhirnya mencetak gol pada menit ke-43. Awalnya Leroy Sane melepaskan tembakan keras dari jarak dekat bisa ditepis oleh kiper David de Gea. Dari situ lahir korner, yang dilepaskan Kevin De Bruyne dan disundul oleh Nicolas Otamendi. Silva yang berada di depan gawang dengan mudah menyontek bola ke gawang untuk membawa City memimpin 1-0.

Keunggulan City buyar di menit kedua injury time saat Fabian Delph salah mengantisipasi umpan dari sisi kiri. Bola yang lepas jatuh di kaki Marcus Rashford yang menembak bola ke tiang jauh gawang Ederson.

Guardiola langsung melakukan perubahan di awal babak kedua, memasukkan Ilkay Gundogan untuk menggantikan Vincent Kompany. United pun juga melakukan perubahan, Mourinho menarik Marcos Rojo untuk memasukkan Victor Lindelof.

City kemudian unggul pada menit ke-54 de. Hal ini terjadi karena pemain belakang United lengah . Nicolas Otamendi yang lolos dari jebakan off-side mudah menyambar bola pantuln tendangan bebas David Silva yang sempat salah diantisipasi Romelu Lukaku.

Hingga memasuki sepertiga akhir permainan, City konsisten mengurung pertahanan United yang sesekali melancarkan tekanan namun tak maksimal lantaran Lukaku terisolasi di depan. Daya gedor pun ditambah United dengan memainkan Zlatan Ibrahimovic dan Juan Mata, perubahan itu membuat tuan rumah bermain lebih terbuka.
Kiper Manc City Enderson kali bermai sangat luar biasa dia melakukan blok terhadap dua kali tembakan Lukaku dan Juan Mata pada menit-menit terakhir
Betapa tidak, Enderson di muka gawang mampu menggagalkan dua kali upaya Lukaku sebelum bola dibuang Eliaquim Mangala. Bahkan muka kiper Enderson ini mamu menggagalkan tendangan Lukaku karena upaya keduanya mengenaui wajah sang kiper yang kemudian sempat terkapar di bawah tiang gawang. Sisa waktu permainan termasuk tambahan empat menit pun tak mampu dimaksimalkan United dan City pun nyaman menyegel keunggulan mereka.(B)