Wednesday, 24 October 2018

Kampanye, Calon Kades Rogoh Kocek Urug Sirtu di Jalan TPU

Senin, 11 Desember 2017 — 7:31 WIB
Sejumlah warga mengurug sirtu di jalan  Pemakaman Umum. (taryani)

Sejumlah warga mengurug sirtu di jalan Pemakaman Umum. (taryani)

INDRAMAYU (Pos Kota) – Hanya beberapa hari, menjelang dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilangsungkan Rabu (13/12/2017) mendatang, Calon Kades Baleraja, Sunaryo memanfaatkan monentum kampanye melakukan bakti sosial membersihkan lingkungan serta mengurug sirtu pada jalan setapak di komplek Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blok Cadasngampar, Desa Baleraja, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menurut Calon Kades ini di tengah-tengah massa yang mengikuti bakti sosial mengemukakan, kegiatan kebersihan lingkungan maksudnya untuk menjaga kesehatan masyarakat. Karena itu membersihkan lingkungan harus menjadi hal yang utama.

Sebab, katanya, bagaimana mungkin masyarakat bisa melakukan aktivitas sehari-hari, mencari nafkah untuk kepentingan keluarga, kalau kondisi badan masyarakat itu sendiri tidak sehat. “Kesehatan harus benar-benar dijaga dan diutamakan,” katanya.

Salah satu upaya menjaga kebersihan itu kata Calon Kades Sunaryo adalah melakukan kegiatan membersihkan got atau solokan air pembuang, semak belukar bahkan pagar-pagar rumah warga yang kumuh atau kotor. “Semuanya harus dibersihkan supaya masyarakat Desa Baleraja terhindar dari berbagai serangan penyakit, seperti serangan nyamuk demam berdarah,” ujarnya.

Sunaryo mengemukakan, jika masyarakat Desa Baleraja memberi amanat dalam Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu (13/12) sehingga terpilih menjadi Kepala Desa Baleraja, maka akan membuat program unggulan “Siaga Sehat.”

Kegiatan yang ditangani “Siaga Sehat” yaitu memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan kepada Ibu Hamil, Balita sampai orang dewasa dan Lansia. “Kesehatan mereka harus dijaga dan terpelihara dengan sebaik-baiknya,” ujar calon nomot urut satu ini.

Menyinggung soal kegiatan baksi sosial, mengurug sirtu pada jalan setapak di lingkungan TPU Blok Cadasngampar, kata Calon Kades panjangnya mencapai sekitar 300 Meter. Penurugan jalan setapak itu dilakukan dengan pertimbangan pada saat musim penghujan kondisinya becek sehingga mengganggu aktifitas warga ketika melewati jalan setapak di lokasi TPU Blok Cadasngampar.

Cawu Sunaryo menambahkan, setelah jalan setapak di lingkungan TPU Blok Cadasngampar Desa Baleraja itu rampung disirtu, kondisi jalan setapak itu tidak becek dan tidak licin lagi ketika dilalui orang.

Saat ditanya darimana sumber dana yang digunakan untuk kegiatan bakti sosial mengurug sirtu pada jalan setapak di TPU Blok Cadasngampar itu, Sunaryo dengan jujur mengatakan, dananya berasal dari kantong pribadi. “Saya ikhlas menyirtu jalan setapak di TPU Blok Cadasngampar itu karena hal itu sudah merupakan niat saya dengan tulus dan ikhlas,” katanya.

(taryani/sir)