Sunday, 22 April 2018

Kontruksi Buruk

Fraksi Hanura Pelopori Dewan Bentuk Pansus Proyek Gedung DPRD DKI

Jumat, 15 Desember 2017 — 12:03 WIB
Gedung DPRD melengkung.(yendhi)

Gedung DPRD melengkung.(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Konstruksi gedung baru DPRD DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dinilai buruk sehingga mendorong Fraksi Hanura bertekad memelopori dibentuknya panitia khusus (Pansus) untuk mengaudit proyek gedung setingggi 20 lantai.

Pasalnya, pembangunan gedung wakil rakyat itu menyedot anggaran besar yakni sekitar Rp 500 miliar yang  secara multiyears dari APBD DKI tahun 2010-2013.

Namun belum ada lima tahun, gedung dewan di belakang Balaikota DKI Jakarta itu  mengalami keretakan parah dan bengkok, pada dinding lantai 11.

Keretakan itu baru diketahui Rabu kemarin dan menjadi tontonan memprihatinkan bagi anggota dewan, PNS DKI,  maupun warga.

Kondisi ini sangat membahayakan, jika dinding rontok bisa menimpa korban di bawahnya. Keretakan terlihat di dinding bagian tengah gedung, bahkan sebagian dinding sampai terlihat terbuka dan bengkok.

Bukan hanya itu saja, sejumlah toilet di dalam gedung juga pada rusak. Bahkan beberapa PNS saling bercerita bahwa konstruksi gedung DPRD memang kurang baik dan agak miring.

Guna mengusut adanya penyimpangan di balik proyek itu, Fraksi Hanura DPRD DKI mendesak dibentuknya Pansus gedung dewan.

Ketua Fraksi Hanura DPRD DKI Mohamad Ongen Sangaji mengaku prihatin dengan kondisi gedung dewan yang relatif baru tapi sudah mengalami kerusakan.

“Saya minta pimpinan DPRD DKI membentuk Pansus gedung baru. Pansus harus dibentuk dan dilakukan audit konstruksi serta anggaran,” tegas Ongen di di DPRD DKI Jumat (15/12/2017).

Menurut dia, fraksinya akan menggalang dukungan untuk membentuk pansus gedung dewan. Ini dilakukan demi keselamatan semua penghuni gedung. Sebab, berdasar laporan dari beberapa ahli coran tiang gedung dewan kosong. Jadi, ini membahayakan.

“Makanya, pansus mesti dibentuk. Ini aneh gedung, setiap tahun ada perbaikan tapi ada kerusakan susul-menyusul. Pansus akan minta audit konstruksi dan anggaran. Jika, ada permainan harus dibawa ke ranah hukum.Saya yakin, pimpinan dan fraksi lain sepakat membentuk pansus,” tambah Ketua DPD Partai Hanura DKI. (joko/tri)

Terbaru

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi.(ist)
Senin, 23/04/2018 — 1:03 WIB
Soal Perppu Perkawinan Anak, ini Permintaan MUI
Pemain Manchester City merayakan gol  yang dicetak Kevin de Bruyne ke gawang Swansea City. (reuters)
Senin, 23/04/2018 — 0:37 WIB
Manchester City Cukur Swansea 5-0
Ilustrasi
Senin, 23/04/2018 — 0:18 WIB
Jamaah Haji Bekasi Juga Diminta Sehat Jasmani