Thursday, 13 December 2018

Soal Aksi Bela Palestina di Monas, Anies : Kita Dukung Ikhtiar Presiden Jokowi

Sabtu, 16 Desember 2017 — 19:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap Aksi Indonesia Bersatu Bela Palestina atau disingkat Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat Minggu (17/12/2017) besok berlangsung aman dan lancar. Ia berdoa semoga upaya Indonesia membantu Palestina berhasil.

“Mari doa bersama, doakan agar perjuangan Palestina berhasil dan dukung ikhtiar yang sudah dilakukan amat baik oleh Pak Presiden Jokowi,” kata Anies, usai meresmikan Kantor Sekretariat RW 08, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (16/12/2017).

Anies mengatakan, kehadiran Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI di Istanbul, Turki, mengenai Palestina, telah menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

“Saya berharap kita semua mendukung, ikut menjaga sama-sama agar ikhtiar pemerintah Indonesia yang sudah amat baik ini bisa berhasil,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengaku telah memberikan izin penggunaan kawasan Monas, Jakarta Pusat, untuk aksi unjuk rasa yang akan dipimpin oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Menurutnya, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya soal pengamanan aksi tersebut. “Oh iya, sudah (diizinkan). Kami juga sudah koordinasi dengan Polda dan mereka (peserta aksi) nanti Insya Allah bisa menggunakan,” imbuhnya.

Selain di Monas, rencananya titik kumpul aksi diadakan di Masjid Istiqlal, dan depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Ribuan masyarakat dari sejumlah kelompok termasuk tokoh masyarakat direncanakan ikut berpartisipasi dalam aksi itu.

Aksi ini sendiri muncul menyusul pernyataan Presiden Amerika yang menyebut Yerusalem sebagai ibukota Israel. (Julian/b)