Sunday, 24 June 2018

Anies: Udara Jakarta Bersih Saat Syawal dan Akhir Tahun

Minggu, 17 Desember 2017 — 11:55 WIB
Gubernur Anies Baswedan, ikut uji emisi kendaraan di Kemayoran, Jakpus. (deny)

Gubernur Anies Baswedan, ikut uji emisi kendaraan di Kemayoran, Jakpus. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur Anies Baswedan, mengatakan polusi udara di Ibukota Jakarta, hanya dapat terlihat bersih pada saat Bulan Syawal, akhir tahun atau awal tahun. Lantaran, dimana pada saat itu warganya banyak yang pergi ke luar kota atau tidak melakukan aktivitas.

“Bukan karena bulannya memang, tapi kondisi seperti ini kita akan dorong agar Jakarta bebas polusi setiap saat,” ucap Anies, saat menghadiri acara Gerakan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Untuk Udara Bersih Kota Jakarta, di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Dikatakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, hingga saat ini tercatat penyumbang terbesar polusi udara adalah kendaraan motor. “Karena itu, melalui kegiatan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup ini, saya menghimbau warga bisa dapat melakukan uji emisi kendaraannya,” papar Anies.

Acara ‘Gerakan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Untuk Udara Bersih Kota Jakarta’, yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, tersebut dilakukan tanpa ada pungutan biaya atau gratis. Baik kendaraan pribadi milik warga, maupun kendaraan dinas milik sejumlah pejabat DKI Jakarta ikut antri untuk dilakukan uji emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawaadji, menegaskan tujuan kegiatan sebagai pencanangan kembali uji emisi kendaraan bermotor di lingkungan Pemprov DKI dan menjadi sebuah gerakan bersama di masyarakat dalam rangka mengendalikan pencemaran udara.

“Pelaksana ini diterapkan juga dengan menggunakan aplikasi sehingga dapat diketahui hasilnya secara langsung,” jelas Isnawa.

(deny/sir)