Monday, 26 August 2019

WN Tiongkok Dominasi Pelanggaran Keimigrasian Sukabumi

Selasa, 19 Desember 2017 — 18:45 WIB
imigrasi sukabumi -sule

SUKABUMI (Pos Kota) – Warna negera (WN) asal Tiongkok mendominasi pelanggaran keimigrasian. Sepanjang tahun ini, tercatat 11 WN Tiongkok diberikan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) oleh Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi.

Di bawah Tiongkok, ada Malaysia dengan tiga orang, Bangladesh tiga warganya, Arab Saudi juga tiga orang, Australia dua orang, dan Palestina dua orang. Sisanya WNA asal Timor Leste, Philipina, Iran, Polandia, Oman, Algeria, dan Jepang.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Hasrullah, jumlah orang asing yang diberikan penindakan sesuai dengan aturan sebanyak 31 orang. Rinciannya, 27 berjenis kelamin laki-laki dan sisanya merupakan perempuan.

“Jenis pelanggaran mayoritas seperti overstay lebih dari 60 hari dan tidak menghormati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” terang Hasrullah, Selasa (19/12/2017).

Pelanggaran lainnya yakni mantab narapidana sebanyak satu orang dan tidak melaporkan keberadaan sebanyak tiga orang. “Semua WNA yang melanggar sudah diberikan penindakan,” ujarnya.

Ke depan, sambung dia, imigrasi akan meningkatkan upaya pengawasan keberadaan orang asing dengan mengefektifkan tim pengawasan orang asing (Timpora) yang berada di tiga wilayah. Diketahui, Kantor Imigrasi Sukabumi membawahi tiga wilayah hukum yakni Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. (sule/yp)