Monday, 23 July 2018

Pernah Jadi PRT Kini Pengusaha Sukses

Rabu, 20 Desember 2017 — 1:28 WIB
Ketua Pokdarkamtibmas Resort Polresta Depok Ir Djoko usai terpilih menjadi anggota Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker RI. (Angga)

Ketua Pokdarkamtibmas Resort Polresta Depok Ir Djoko usai terpilih menjadi anggota Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker RI. (Angga)

HIDUP adalah perjuangan. Prinsip itu yang tertanam dalam diri pria yang memiliki sederet gelar ini. Ketika masih bocah ia sudah menjadi yatim piatu, hingga harus banting tulang demi biaya sekolah. Menjadi pembantu rumah tangga (PRT) pun pernah dijalaninya. Kini ia menikmati jerih payahnya. Dialah Dr. Ir. H. Djoko Setyo Widodo SE.MM , MSC, CHRA

Pengalaman hidup susah semasa kecil justru menjadi motivasi bagi lelaki 60 tahun ini hingga akhirnya menjadi seorang pengusaha sukses. Djoko kini juga aktif menjabat sebagai Ketua Pokdakamtibmas Polres Depok.

Djoko Setyo Widodo sudah ditinggal selama-lamanya oleh kedua orangtuanya saat usianya masih terbilang dini. Kemudian Djoko kecil diasuh oleh seseorang yang baik hati.

“Saya dibawa ke Yogjakarta di tahun 1972,” kata Djoko membuka cerita. Djoko merupakan anak ke 7 dari 12 bersaudara pasangan Suparno dan Suratmi. “Ayah saya dulu bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Kehutanan,” tuturnya lagi.

Di Yogyakarta , Djoko sudah harus menjalani kehidupan keras demi merubah nasibnya. “Saya mau bersekolah , karena dengan ilmu nasib seseorang akan berubah,” ungkapnya. Segala pekerja kasar ia lakoni, dari menjadi pembantu rumah tangga (PRT), tukang angkut dan pekerjan kasar lainnya. “Uang hasil kerja saya sisihkan untuk biaya sekolah,” .

100 PEGAWAI

Setelah menyelesaikan SMA , Djoko bertekad untuk kuliah. Bukan cuma menyelesaikan S1, Djoko juga menuntaskan gelar doktornya di Universirtas Merdeka Malang, Jawa Timur.

Hasil perjuangannya pun berbuah manis. Djoko kini menjabat Direktur PT. Marusindo Aji Mandiri tersebut yang membawahi 100 karyawan.

“Keberhasilan saya ini terwujud hingga benar-benar menjadi orang sukses, semua itu lantaran mempunyai motivasi cita-cita,”.

Apa yang telah dilakukanya hingga kini, lanjut Djoko, diharapkan dapat menjadi contoh bagi anak-anaknya serta cucu bahwa agar dapat menimba ilmu setinggi mungkin.

“Semoga kelak apa yang saya lakukan ini dapat menjadi contoh bagi anak cucu kedepannya,” tutup Djoko. Dia juga terpilih anggota Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker RI. (Angga/yh)