Sunday, 27 May 2018

Ini Lima Pesan Panglima TNI Saat Apel Pengamanan Natal & Tahun Baru

Kamis, 21 Desember 2017 — 10:51 WIB
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito KarnaVian, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagub DKI Sandi Uno. (yendhi)

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito KarnaVian, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagub DKI Sandi Uno. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 2.600 personel gabungan TNI-Polri serta instansi terkait mengikuti apel gelar pasukan Operasi Terpusat Lilin-2017 dilapangan silang Monumen Nasional (Monas) Kamis, (21/12/2017).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertugas sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan tegas menyatakan siap mendukung Polri dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Ada lima hal yang ia tekankan kepada seluruh prajurit TNI-Polri serta instansi terkait yang terlibat dalam Operasi Lilin-2017.

Pesan pertama yang disampaikan Marsekal Hadi yakni bagi prajurit yang terlibat pengamanan agar waspada terhadap berbagai kemungkinan tindak kejahatan demi menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah dan libur panjang.

“Pelaksanaan tugas pengamanan, bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk itu setiap prajurit TNI Polri harus tampil smart profesional dan menunjukkan sikap hormat dan simpati kepada masyarakat,” kata Hadi.

Kedua ia tekankan agar seluruh pasukan yang terlibat senantiasa mencegah terjadinya konflik di masyarakat.

“Dengan demikian setiap prajurit TNI Polri harus bertindak tegas, cepat dan terukur terhadap kecenderungan tindakan anarkis yang dilakukan oleh kelompok masyarakat tertentu, khususnya organize, grup atau kelompok terorganisasi yang memprovokasi situasi,” tegas Panglima.

Hal ketiga yang disampaikan Hadi adalah agar semua prajurit bersikap kompak, profesional dan menjaga independen di atas segala golongan.

“Menanggalkan kepentingan-kepentingan pribadi dan kelompok untuk mempersatukan suku, agama, ras dan antar golongan untuk mewujudkan kedamaian di masyarakat,” ujar Hadi.

“Keempat, semangat untuk bersama-sama menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” imbuhnya.

Hal terahir yang disampaikan Panglima agar seluruh personel senantiasa menjaga personel, materiil, dan perlengkapan selama bertugas.

Hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Terpusat Lilin-2017 Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno dan pejabat utama Kepolisian serta TNI.
(yendhi/sir)