Wednesday, 17 July 2019

Supermarket Jual Daging Busuk, Walikota Jakarta Pusat : Ini Sudah Keterlaluan

Kamis, 21 Desember 2017 — 20:47 WIB
Sejumlah makanan tidak layak konsumsi yang didapati masih dijual di supermarket dimusnahkan. (deny)

Sejumlah makanan tidak layak konsumsi yang didapati masih dijual di supermarket dimusnahkan. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Temuan daging busuk dan berbagai produk pertanian rusak, kembali didapati petugas gabungan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan Pertanian (KPKP) dan BPOM DKI Jakarta, dari supermarket ternama di kawasan Kemayoran, Kamis (21/12).

Karuan, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, yang memimpin Sidak (inspeksi mendadak) tersebut, langsung mengintruksikan petugas agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian memprosesnya. “Ini sudah keterlaluan, saya minta polisi memprosesnya,” tegas Mangara.

Menurut mantan Sekertaris Dewan (Sekwan) tersebut, apa yang dilakukan pengelola sangat merugikan dan membahayakan konsumen. “Harusnya kalau memang sudah tidak layak, tidak usah dijual kembali. Kalau seperti ini jelas-jelas akan membahayakan warga,” jelasnya.

Sementara itu, dari hasil sidak didapat berbagai produk makanan busuk atau tidak layak konsumsi yang ditemukan antara lain, daging sapi, ayam dan jeroan. Adapun untuk produk pertaniannya seperti, melon, jeruk, bawang merah, dan makanan kaleng.

Untuk memastikan makanan tidak layak konsusmi tersebut tidak dijual pengelolanya kembali, Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari.H, memusnahkannya dengan cara menyirakan cairan antiseptik.

“Pengawasan ini kita lakukan menjelang Natal, karena konsumsi warga biasanya meningkat. Dan kita himbau juga kepada masyarakat untuk lebih teliti pada saat membeli makanan baik di pasar modern, maupun pasar tradisional,” katanya. (deny)