Monday, 23 April 2018

Prestasi Tidak Terlalu Buruk, Eduardo Berizzo Tetap Dipecat Sevilla

Sabtu, 23 Desember 2017 — 6:32 WIB
Eduardo Berizzo

Eduardo Berizzo

SPANYOL– Dunia sepak bola itu memang kejam. Tidak ada kata lain kecuali menang, menang dan menang. Jika tidak siap-siap saja dijual dan kepada pelatih dipecat akan menjadi ganjaran.

Seperti yang baru saja dirasakan oleh pelatih Sevilla Eduardo Berizzo. Jika dilihat dari performanya musim ini tidak terlalu buruk. Di Liga Spanyol, Sevilla masih berada di posisi kelima dengan mengemas 29 angka dari sembilan kali menang, dua kali seri dan enam kali kalah.

Belum lagi di Liga Champions masih bisa bertahan hingga babak ke-16 dengan menghadapi Manchester United di laga knock out.
Memang setelah sempat menunjukkan performa yang gemilang di awal musim, entah kenapa tiba-tiba beberapa laga terakhir ini Eduardo Berizzo seperti kehilangan aura.

Sevilla tak lagi memetik kemenangan dalam empat laga terakhir. Mereka menuai dua kali hasil imbang dan dua kali menelan kekalahan.

Kekalahan terakhir didapat saat berhadapan dengan Real Sociedad. Pertandingan di Anoeta pada tengah pekan ini, Los Rojiblancos takluk dengan skor akhir 1-3.Hasil buruk dalam empat pertandingan terakhir menjadi sebabnya dia dipecat.

Dengan investasi 65 juta euro yang sudah digelontorkan, Berizzo dinilai gagal menjawab ekspektasi para petingi klub.

Pasca dipecatnya Berizzo, beberapa pelatih seperti Javi Garcia, Luis Enrique, dan Laurent Blanc disebut-sebut menjadi kandidat penggantinya.

Penampilan monumental Sevilla di musim ini terjad saat laga melawan Liverpool. Sempat ketinggalan tiga gol, mereka bisa menyamakan kedudukan hingga laga lanjutan fase grup Liga Champions itu selesai 3-3.

Di pertandingan itu, Berizzo mengaku pada a pemainnya kalau dirinya mengidap penyakit kanker prostat. Dia sudah sukses melakukan operasi pada awal Desember.

Selama menangani Sevilla, Berizzo menjalani 27 pertandingan. Rinciannya, 14 laga berhasil menang, enam pertandingan selesai imbang, dan tujuh lainnya selesai dengan kekalahan.(B)