Tuesday, 23 January 2018

Belasan Warga Binaan Rutan Depok Dapat Remisi Natal

Senin, 25 Desember 2017 — 11:14 WIB
Karutan Kelas II B Kota Depok, Sohibur Rachman foto bareng usai penyerahan remisi Natal. (angga)

Karutan Kelas II B Kota Depok, Sohibur Rachman foto bareng usai penyerahan remisi Natal. (angga)

DEPOK (Pos Kota) – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Depok, menyerahkan remisi Natal kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) khusus yang beragama Nasrani.
Menurut Karutan Depok, Sohibur Rachman mengatakan untuk jumlah WBP beragama Nasrani yang ada di Rutan Depok yaitu 63 orang perincian status tahanan ada 34 orang dan narapidana 29 orang.

“Dari WBP beragama Nasrani yang ada, yang mendapatkan remisi ada 10 orang yaitu perincian remisi 15 hari ada 5 orang dan 1 bulan ada 5 orang,”ujar Sohibur Rachman kepada Pos Kota usai penyerahan remisi Natal simbolis kepada WBP di Rutan Depok, Senin (25/12/2017) pagi.

Sohibur jebolan AKIP Angkatan 31 ini menuturkan terpilih dapat mendapat remisi sudah memenuhi syarat subtansi dan administrasi.

“Kelengkapan syarat administrasi seperti status narapidana sudah dijalani 6 bulan, lalu syarat subtansi adalah berkelakuan baik, dan ikut peran aktif selama proses pembinaan,”katanya.

Selain itu untuk 19 narapidana yang lainnya tidak mendapatkan remisi ada beberapa faktor.

“Faktor lainnya itu yang tidak mendapatkan remisi bagi narapidana yaitu satu orang menjalani denda atau subsider, dua orang proses pengusulan kaitan berkas baru lengkap, dan 16 orang kaitan tindak pidana khusus seperti Narkotika dan psikotropika diatas 5 tahun , money laundry, korupsi, terorisme, human Traficking, ilegal loging,” bebernya.

Pengaturan remisi ini, lanjut Sohibur, sesuai ketetapan tercantum dalam UU No.12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 yaitu tentang remisi pengurangan masa hukuman terpidana yang menjadi hak narapidana.

“Diharapkan bagi para WBP yang dapat remisi dapat dijalankan sebaik-baiknya dan sekaligus dapat lebih baik lagi,”tutupnya.

(angga/sir)