Wednesday, 14 November 2018

Tak Kebagian, PKL Minta Tenda ke Sandi: Tolong Disamaratakan

Selasa, 26 Desember 2017 — 14:25 WIB
Nuryani seorang pedagang yang tidak kebagian tenda.(ikbal)

Nuryani seorang pedagang yang tidak kebagian tenda.(ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Pedagang Kaki Lima (PKL) yang belum mendapatkan tenda dan lapak di kawasan Tanah Abang mengeluh. Keluhan tersebut disampaikan PKL saat Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau kawasan Tanah Abang, Selasa (26/12/2017).

Beberapa pedagang yang tidak kebagian tenda mengeluh kerap diusir Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Beberapa dari mereka menggelar dagangan di trotoar di Jalan Jatibaru Bengkel, tepatnya di depan pintu baru stasiun Tanah Abang.

Beberapa pedagang sempat menemui Sandi saat hendak masuk mobil untuk pulang usai tinjauan. Namun Sandi yang sudah duduk di dalam mobil hanya tersenyum mendengar keluhan tersebut. Dengan alasan sedang terburu-buru pengawal Sandi segera menutup pintu mobil.

Seorang pedagang lain, Nuryani dari kejauhan berteriak ke arah mobil Sandi. Dia mencoba menarik perhatian Sandi di dalam mobilnya yang perlahan berjalan.

“Khususnya untuk pedagang stasiun kaki lima pak. Khususnya untuk pedagang kuliner kaki lima yang belum kebagian tenda Pak. Halo, halooo….woi, wah payah,” teriaknya.

Nuryani menuntut Sandi memperlakukan adil terhadap semua PKL di Tanah Abang. Menurutnya jika ada pedagang yang mendapatkan fasilitas tenda maka pedagang lain juga harus mendapatkan fasilitas yang sama.

“Ya, masalah tenda kan kita sebagai pedagang kuliner yee, di stasiun kita belum ada yang kebagian. Tolong lah disamaratakan karena kita tiap hari diusir usir terus,” tandasnya.

Pemprov DKI menerapkan kebijakan di kawasan Tanah Abang dengan menutup Jalan Jatibaru Raya. Penutupan jalan digunakan untuk tempat berjualan para PKL.

Sedangkan, sisi lainnya digunakan untuk bus Transjakarta yang disediakan gratis untuk pengunjung kawasan Tanah Abang. Kebijakan  tersebut diterapkan setiap hari dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00. (ikbal/win)