Monday, 17 June 2019

Tol Trans Jawa Siap Digunakan saat Mudik Lebaran 2018

Kamis, 4 Januari 2018 — 1:02 WIB
Kemacetan di Tol Cipali. (dok darman)

Kemacetan di Tol Cipali. (dok darman)

JAKARTA (Pos Kota) – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi berharap Tol Trans Jawa bisa digunakan saat mudik Lebaran tahun ini.

Namun demikian, kata Dirjen, fasilitas yang tersedia harus memadai di tol tersebut terutama soal rest area.

Jarak tempuh Jakarta hingga Surabaya melalui tol trans Jawa mencapai 900 kilometer dan bisa di tempuh dalam waktu sepuluh jam.

“Dengan panjangnya tol tersebut membuat pengemudi lelah sehingga harus banyak istirahat. Untuk itu, Tol Trans Jawa harus cukup rest area-nya sehingga bisa membuat pemudik nyaman,” ujar dirjen.

Dikaatakan Budi, pihaknya terus berkordinasi dan membahasnya dengan Kementerian PUPR Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Semarang, Solo, Ngawi, Kertosono, Jombang, dan Surabaya sudah bisa dipakai untuk mudik lebaran tahun ini.

Saat ini sebagian Tol Trans Jawa masih fungsional, namun Budi memastikan tol tersebut sudah bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun ini.

Dengan tersambungnya Tol Trans Jawa diharapkan tidak ada lagi penumpukan kendaraan pada satu pintu keluar tol saja sehingga kendaraan akan lebih merata di semua pintu keluar tol.

Menurutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mentargetkan pada Juni 2018 Tol Trans Jawa sudah bisa difungsikan dan dimanfaatkan untuk pengendara yang mudik Lebaran.

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga memastikan dua ruas tol Ngawi-Kertosono dan Solo-Ngawi bisa beroperasi pada awal tahun ini juga. (dwi)