Monday, 19 August 2019

Risma Tolak Diajukan jadi Cawagub Jawa Timur Gantikan Anas

Sabtu, 6 Januari 2018 — 18:33 WIB
Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

SURABAYA – Banyak yang menduga-duga Tri Rismaharini (Risma) akan diajukan sebagai calon wakil gubernur (cawagub) untuk menggantikan Abdullan Azwar Anas yang menyatakan mundur. Risma pun juga merasakan itu, namun dia menolak kalau diajukan sebagai cawagub.

“Nggak. Di awal saya sudah sampaikan. Saya terus terang, masih kepingin di Surabaya. Saya tidak ingin berubah. (Keputusan) itu sudah sejak beberapa tahun lalu,” tegas Risma kepada wartawan di rumah dinasnya, Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya, Sabtu (6/1/2018).

Ia menegaskan kembali, tidak mau ikut Pilgub Jatim. Keputusan menolak maju nyagub sudah bulat, bahkan sejak digadang-gadang pada Pilgub DKI Jakarta. “Saya masih harus menyelesaikan beberapa pekerjaan di Surabaya,” ujarnya.

Risma menambahkan, tidak mau mencalonkan sebagai gubernur atau wakil gubernur di daerah mana pun, termasuk di Pilgub Jatim 2018. Ia masih ingin bertugas di Surabaya, dan menyelesaikan pekerjaannya sebagai Wali Kota Surabaya.

“Saya tidak mau cuti. Saya nggak mau kehilangan waktu. Waktu libur saja, saya kerja. Libur kemarin saya kerja,” katanya. “Kalau cuti, kan saya nggak bisa bekerja. Saya pingin bekerja karena masih banyak yang harus diselesaikan,” tuturnya.

Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini menegaskan tidak ingin meninggalkan Kota Surabaya jika belum beres. “Saya ingin, di saat saya meninggalkan Kota Surabaya. Surabaya sudah dalam kondisi bagus,” jelasnya.

Menurut Risma, PDIP punya banyak kader yang lebih mumpuni untuk dicalonkan sebagai Bacawagub Jatim. Bahkan sejak awal, Risma berpikir bahwa Gus Ipul-Anas adalah pasangan yang tepat. “Jadi nggak harus saya. Siapa sih saya ini,” kata Risma. (win)