Tuesday, 13 November 2018

Saluran Air di Jalan Kurnia Akhirnya Dikeruk

Minggu, 7 Januari 2018 — 8:15 WIB
Sejumlah petugas sedang melakukan normalisasi saluran yang penuh lumpur. (wandi)

Sejumlah petugas sedang melakukan normalisasi saluran yang penuh lumpur. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota)- Saluran air di Jalan Kurnia, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, yang sudah lama di keluhkan warga kerena kondisinya penuh lumpur dan sampah akhirnya dikeruk petugas.

Pengurasan ini dikarenakan kawasan tersebut hampir setiap kali hujan selalu terjadi genangan dan banjir.

Slamet,45, seorang warga mengaku memang pihaknya sudah lama mengeluhkan dan meminta agar saluran di Jalan Kurnia dilakukan pengursanan. Sebab selama ini disamping sering menimbulkan genangan dan banjir sebab saluran tidak berfungsi karena penuh dengan sampah dan lumpur.

“Setelah beberapa kali kami usulkan dan keluhkan akhirnya saluran sepanjang kurang lebih 320 meter ini dilakukan pengurasan. Mudah-mudahan dengan adanya pengerukan lumpur ini wilayah kami tidak akan terjadi genangan dan banjir saat musim hujan,”kata Slamet.

Sementara itu Kasatpel Sudin Sumber Daya Air, Kecamatan Koja, Erlan mengatakan, pengurasan saluran air tersebut dilaksanakan oleh Satgas SDA Kecamatan Koja. Menurutnya, normalisasi ini dilakukan selain dikeluhkan warga juga karena saluran penuh lumpur dan sampah.
“Saluran air yang dikuras di lokasi tersebut sepanjang 330 meter. Pengurasan tersebut dilakukan sejak 01 Januari 2018 dan direncanakan selesai 2 minggu kedepan,”kata Erlan.

Erlan menambahkan, pengurusan saluran air dilakukan secara manual dengan menurunkan 20 orang Satgas SDA. Diharapkan dengan dikurasnya saluran air di lokasi tersebut maka saluran air dapat menampung air lebih banyak lagi.

Penguranan ini dilakukan mengatasi genangan yang sering timbul saat hujan cukup deras di lokasi tersebut. Sebab selama memang kondisi saluran penuh dengan lumpur dan sampah.
(wandi/sir)