Saturday, 20 January 2018

Kemdagri Jamin, Setelah Ditetapkan KPU Calon Aman

Senin, 8 Januari 2018 — 18:59 WIB
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono  (joko)

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono (joko)

JAKARTA (Pos Kota) –Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono menjamin tidak ada proses pengusutan calon yang menghadapi masalah hukum selama proses Pilkada 2018. Proses pengusutan kasus pidana kandidat pasangan calon akan ditunda selama tahapan pemilihan.

Hal ini telah menjadi kesepakatan antara penegak hukum dengan penyelenggara Pilkada. “Selama musim Pilkada Insya Allah tak ada paslon yang akan jadi tersangka dan saya harapkan bisa selesai Pilkada,” kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono, Senin (8/1).

Kesepakatan ini, menurut Soni positif. Sebab, kalau proses hukum dijalankan akan mengganggu pelaksanaan Pilkada, khususnya bagi para kandidat yang berkontestasi. Menurutnya bila kasus diusut konsentrasi paslon tidak fokus dalam tahapan Pilkada.

“Apalagi jika dalam kasus pidana, kandidat ditetapkan jadi tersangka. Bayangkan paslon sudah mulai kampanye tiba-tiba ditetapkan tersangka. Karena itu selama Pilkada prosesnya ditunda,” ujar Soni.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga mengatakan pihaknya tak akan memeriksa pasangan calon kepala daerah yang sudah ditetapkan KPU pada Pilkada 2018. Hal itu untuk menghindari menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pasangan calon.

“Saya selaku Kapolri mengajak dan mengimbau dan akan berusaha kepada para penegak hukum lainnya, Kejaksaan, KPK koordinasi dengan Bawaslu mari sama-sama kalau sudah ada penetapan nanti tanggal 12 Februari,” tegasnya.(us)