Saturday, 21 July 2018

Ahok Hendak Ceraikan Istri? Kasihan Anak-anak Mereka

Selasa, 9 Januari 2018 — 6:39 WIB
ahok-cewr

PERUNDUNGAN nasib atas Ahok tak ada hentinya. Di saat dipenjarakan karena kasus penistaan agama, diberitakan bahwa dia mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Kabar ini sungguh mengagetkan para netizen. Ada apa gerangan? Selama ini hubungan Ahok-Veronica Tan baik-baik saja. Kasihan anak-anak mereka.

Perceraian bisa terjadi karena ada penyebab yang prinsipil. Tapi hingga kini masih simpang siur, apa yang sebenarnya terjadi dalam keluarga mantan Gubernur DKI itu. Para bekas pengacaranya mengaku tidak tahu. Sedangkan yang tahu masalahnya, juga enggan menjelaskan.

Bagi kalangan netizen atau warganet, ini berita sungguh mengegetkan. Mengapa seorang Ahok yang bisa tahan dilanda badai politik, tapi tak tahan menghadapi badai rumahtangganya. Akankah mereka benar-benar bercerai, misalkan karena gugatan itu memang dikabulkan. Bila ini sampai terjadi, kasihan sungguh nasib ketiga anak mereka, Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.

Dalam Kristen, menikah itu janji kepada Tuhan sampai mati. Dalam Islam, bercerai itu perbuatan halal yang dibenci Allah. Intinya, agama apapun tak menginginkan adanya perceraian dalam rumahtangga. Sebabnya ya itu tadi, anak-anak yang akan menjadi korban. Bapak menikah lagi, ketemu ibu tiri. Sebaliknya jika ibu yang menikah lagi, bakal ketemu bapak tiri.

Akan halnya masalah Ahok-Veronica Tan, publik hanya bisa menduga-duga. Mungkin ada masalah prinsipil yang tak bisa dicarikan jalan tengah. Sebab jika soal ekonomi, atau orang ketiga dalam hubungan perkawinan mereka, sangat tidak mungkin. Mereka ini selalu rukun, dan selama Ahok dipenjara di Rutan Brimob, keluarga juga selalu mengunjungi.

Perceraian memang masalah pribadi, karenanya publik hanya bisa berharap, gugatan perceraian itu tak menjadi kenyataan. Ada proses mediasi setelah gugatan itu disidangkan. Semoga lewat mediasi ditemukan jalan keluar, sehingga pasangan mantan Gubernur DKI itu tidak perlu mengorbankan keluarganya. Masih ada hari depan untuk Ahok. –gunarso ts