Friday, 20 July 2018

Geledah Kantor Fredrich Yunadi, Penyidik KPK Sita 27 Item Barang

Kamis, 11 Januari 2018 — 18:12 WIB
Fredrich Yunadi.(yulian)

Fredrich Yunadi.(yulian)

JAKARTA (Pos Kota) – Kantor mantan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, digeledah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (11/1/2018). Penyidik membawa surat-sutar dalam tiga koper dan satu kardus dari kantor di Jalan Sultan Iskandar Muda, kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Supriyanto Refa, Ketua tim kuasa Fredrich, kepada wartawan mengatakan penggeledahan dilakukan berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia berada di dalam gedung saat penggeledahan dilakukan.

Menurutnya, sejumlah barang dibawa penyidik KPK. “Ada 27 item,” ujarnya.

Ke-27 item itu, sambungnya, umumnya berupa surat kuasa. “Surat yang juga kami anggap ada hubungannya ada juga yang nggak ada hubungannya. Tapi KPK menganggap disita dulu nanti dikembalikan saat sudah selesai,” katanya. “Ada 3 HP diambil, itu punya karyawan.”

Penggeledahan dilakukan mulai sekira pukul 10:00. Saat penyidik melakukan penggeledahan, Fredrich Yunadi datang ke kantornya sekira pukul 13:00.

Belum diketahui tujuan penggeledahan itu. Namun diperkirakan untuk mencari bukti usai KPK menetapkan Fredrich sebagai tersangka terkait kasus menghalangi penyidikan terhadap mantan kliennya, Setya Novanto.

Fredrich diduga memesan ruang perawatan VIP satu lantai di RS Medika Permata Hijau untuk merawat Novanto yang luka akibat kecelakaan pada 16 November 2017.

Selain itu, KPK juga menetapkan status tersangka pada dokter Bimanesh atas dugaan reyakasa rekam medis atas penyakit Novanto hingga untuk bisa menghindari proses pemeriksaan KPK. (*/yp)