Friday, 27 April 2018

Perajin Celengan Tanah Liat Berharap Usahanya Masih ‘Dilirik’ Masyarakat

Kamis, 11 Januari 2018 — 8:27 WIB
Aneka model celengan tanah liat.(Mo3)

Aneka model celengan tanah liat.(Mo3)

JAKARTA (Poskota) – Celengan  tanah liat  masih ‘dilirik’ sejumlah kalangan ditengah mordenisasi perkembangan alat penyimpanan uang. Hal ini terlihat dari  masih adanya pengrajin celengan tanah liat yang ditemui.

Salah satunya adalah Gofur, pengrajin celengan yang masih aktif menjajakan celengan di pinggir Jalan Pasar Minggu Raya.

Pria muda ini  menjajakan celengan tanah liat dengan berbagai  hewan,  seperti gajah, ayam, bebek, kucing, singa dan kura-kura. Selain itu,  Gofur juga membut karakter kartun seperti hello kitty.

Dari semua jenis celengan yang dibuat. Gofur membandrol dengan harga yang berfariasi tergantung bentuk dan ukuran  mulai dari harga Rp 45 ribu sampai Rp 195 ribu.

“Harganya ada yang Rp 45 ribu sampai Rp 195 ribu, itu tergantung ukuran dan bentuk, ayam ada dua jenis ada yang sedang dan besar ya kira-kira seukuran gentong. Singa juga ada dua jenis ada yang sedang dan ada yang besar kira-kira berukuran 80 cm, yang sedang sedang itu harganya Rp 65 ribu, pokoknya tergantung bentuk dan ukuran deh,” tuturnya.

gofurt

Gofur mengaku membuat sendiri celengan yang dijajakannya. ” Ini saya yang buat. Cara buatnya susah-susah gampang,  bahannya hanya dari tanah liat, terus di bentuk sesuai keinginan pribadi. Yang susahnya itu pas pembakaran karena banyak yang pecah. Gagal gitu, saya juga kurang tahu apa penyebabnya,” ungkapnya.

Dalam sehari Gofur bisa menghasilkan celengan tersebut sebanyak 5 celengan. ” Sehari paling 5 buah celengan yang saya buat karena emang kurang laku juga, sehari itu paling kejual 2 sampe 3 belum pernah sampe 10. Mungkin gara-gara udah ada atm dan segala macem, jadi kurang laku, ” jelasnya.

Pria yang berumur 32 tahun ini berharap usaha kerajinannya ini bisa lancar terusz. ” Ya pengenya laku terus, badan sehat terus biar bisa buat celengan, dan saya ingin punya toko khusus celengan gitu dari dulu itu cita-cita yang saya inginkan,” harapnya. (Mo3/Tri)