Sunday, 27 May 2018

Saluran Penuh Lumpur Akhirnya Dikuras Petugas

Kamis, 11 Januari 2018 — 8:41 WIB
Sejumlah petugas sedang melakukan pengurasan saluran yang penuh lumpur. (wandi)

Sejumlah petugas sedang melakukan pengurasan saluran yang penuh lumpur. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Saluran air sepanjang 600 meter di Jalan Mangga RT 015 RW 08, Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara akhirnya dikuras petugas. Pasalnya, selama ini di kawasan tersebut setiap kali hujan selalu menimbulkan genangan dan banjir ke pemukiman warga maupun jalan.

Irawan, 48, seorang warga mengaku mendukung aksi pengurasan saluran air disepanjang jalan tersebut. Sebab menurutnya selama kondisi saluran tersebut penuh dengan lumpur dan dianggap sebagai biang banjir dan genangan wilayah.

“Kami memang sudah beberapa kali mengusulkan agar saluran tersebut di lakukan pengurasan. Sebab selama ini praktir saluran itu tidak berfungsi sehingga hujan sebentar saja akan menimbulkan banjir dan genangan,”terang Irawan.

Diakui oleh warga RT 015 RW 08, Lagoa, memang selama ini kondisi saluran ini selain penuh dengan lumpur juga sampah. Akibatnya air yang akan mengalir ke muara terhambat sehingga meluap dan menggenangi pemukiman warga. mudah-mudahan dengan dikurasnya saluran ini kedepan tidak akan terjadi genangan dan banjir lagi.

Sementara itu Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sudin Sumber Daya Air, Kecamatan Koja, Erlan mengatakan, kegiatan pengurasan saluran dilokasi tersebut sebagai tindak lanjut dari keluhan warga mengingat di lokasi tersebut saluran air terhambat tanah merah.

“Saluran air yang kami kuras tersebut sepanjang 600 meter. Selama ini memang kondisinya penuh dengan lumpur dan sampah sehingga jika terjadi hujan air akan sulit mengalir ke muara,”kata Erlan, Rabu (10/01).

Untuk mempercepat pengurasan saluran air dilokasi tersebut di turunkan 50 satgas Sudin SDA Jakarta Utara. Pihaknya berharap setelah dilakukan pengurasan saluran air dilokasi tersebut dapat menampung banyak saluran air.

(wandi/sir)