Sunday, 27 May 2018

Anies Bakal Permalukan Pemilik Mobil Mewah

Jumat, 12 Januari 2018 — 20:02 WIB
Gubernur Anies Baswedan

Gubernur Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Pemilik mobil mewah yang menunggak pajak bakal dipermalukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka akan dikenakan sanksi sosial di hadapan publik agar segera melunasi kewajibannya.

“Dari jumlah total mobil di Jakarta 2,9 juta, tercatat 1.052.036 yang menunggak pajak per Desember 2017. Di antara penunggak pajak terdapat data yang menjengkelkan adalah 744 mobil mewah dengan nilai pajak Rp 26 miliar,” ujar Anies di Balaikota, Jumat (12/1). Ia akan memprioritaskan menggarap‎ kelompok pemilik mobil mewah untuk segera membayar pajak.

Dari jumlah 774 mobil yang harga perunitnya di atas Rp 1 miliar, terdapat 23 unit Lamborghini dengan harga total Rp 103 miliar dan total pajak Rp 1,8 miliar. “Lamborghini tipe Ventador harga barunya Rp 9,6 miliar, tapi mereka tidak mau bayar pajak. Kesadarannya sangat rendah, sehingga dipermalukan di hadapan publik,” papar Anies, Jumat (12/1/2018)

Anies mengatakan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menyadarkan orang kaya‎ tidak taat pajak. “Pertama, kami akan mendatangi rumah mereka, kedua dilakukan razia khusus mobil mewah, ketiga, kami mempublikasikan nomor polisi kendaraan melalui media online supaya pemilik malu,” ujar Anies.

Tidak tertutup kemungkinan, mobil mewah yang terjaring razia di jalanan akan ditempeli stiker telat pajak. Selain itu perlu diberi sanksi sosial misalnya push-up, menyapu jalanan, menyanyi di depan umum seperti sering dilakukan terhadap sopir angkutan umum.

Penempelan stiker pada bodi mobil tentu cukup efektif karena pemilik akan malu menggunakan mobil tersebut. Mulai Jumat malam, Pemprov DKI secara resmi telah memuat daftar nomor mobil mewah menunggak pajak melalui website resmi di jajaran Pemprov DKI Jakarta dan boleh diunduh oleh media online manapun. (joko/b)