Sunday, 24 June 2018

Disebut Manipulasi Data Medis KPK Tahan Dokter Bimanesh

Jumat, 12 Januari 2018 — 23:25 WIB
Bimanesh Sutarjo saat akan diperiksa KPK

Bimanesh Sutarjo saat akan diperiksa KPK

JAKARTA (Pos Kota) -Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan dokter RS Medika Permata Hijau dr Bimanesh Sutarjo. Penahanan terkait kasus perawatan mantan Ketua DPR Setya Novanto yang saat itu menjadi buruan KPK.

Bimanesh menjadi tahanan KPK untuk 20 hari ke depan. “Ditahan di Rutan Guntur untuk 20 hari pertama,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Usai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 22.30 dr Bimanesh sudah mengenakan rompi tahanan KPK warna oranye. Tidak ada kalimat yang keluar dari mulutnya. Ia hanya bejalan menuju kendaraan tahanan sambil tersungging senyuman di wajahnya.

Sedianya selain Bimanesh, mantan pengacara Setya Novanto yang juga sudah ditetapkan KPK Fredrich Yunadi, hari ini juga diperiksa. Tapi yang bersangkutan mangkin dari pemeriksaan. Fredrich meminta penjadwalan ulang untuk menjalani pemeriksaan.

KPK menyebutkan bahwa antara Frederich Yunadi dan dr Bimanesh bekerja sama untuk memanipulasi data rekam medis Novanto. Manipulasi itu diduga untuk menghindari panggilan KPK.(us)