Monday, 16 July 2018

Mandi Sauna Dapat Kurangi Hipertensi

Jumat, 12 Januari 2018 — 11:04 WIB
ilustrasi

ilustrasi

MANDI sauna ternyata bukan hanya membuat nyaman, tetapi banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Diantaranya, bisa mengurangi penyakit pernafasan dan tingkat CRP yang lebih rendah.

The Indianan Express merilis,  temuan terbaru hasil penelitian menyebutkan, paparan panas sauna juga dapat mengurangi hipertensi atau tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa segera setelah 30 menit mandi sauna, tekanan darah sistolik partisipan rata-rata berkurang dari 137 mmHg menjadi 130 mmHg, dan tekanan darah diastolik (di bawah) dari 82 mmHg sampai 75 mmHg.

Tekanan darah sistolik mereka tetap turun bahkan setelah 30 menit mandi sauna. Selanjutnya, para peneliti mengamati peningkatan kepatuhan vaskular, sementara juga meningkatkan denyut jantung yang serupa dengan latihan intensitas menengah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mandi sauna selama 30 menit memiliki efek menguntungkan pada kekakuan arteri, BP, dan beberapa biomarker berbasis darah, kata periset yang dipimpin oleh Jari Laukkanen, Profesor dan Ahli Jantung di Universitas Finlandia Timur.

Temuan ini menjelaskan mekanisme fisiologis yang melaluinya manfaat kesehatan, yang disebabkan oleh paparan panas sauna, dapat berkembang.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mandi sauna secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit koroner dan kematian jantung mendadak, hipertensi, penyakit Alzheimer dan demensia.

Pemandian sauna yang sering juga dikaitkan dengan berkurang penyakit pernafasan dan tingkat CRP yang lebih rendah.

Untuk studi baru yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, tim menganalisis efek mandi sauna 30 menit di 100 peserta untuk memahami perubahan yang terjadi di tubuh manusia selama dan setelah melakukan sauna.

Kepatuhan vaskular diukur dari arteri karotis dan femoralis sebelum sauna, segera setelah sauna, dan setelah 30 menit pemulihan. (Tri)