Sunday, 22 July 2018

Sebulan 2 Kali ke AS, Bupati Cantik ini Diskors 3 Bulan

Jumat, 12 Januari 2018 — 19:58 WIB
Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip (instagram)

Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip (instagram)

JAKARTA (Pos Kota) –Lantaran ke Amerika Serikan sebulan dua kali tidak pamit, Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip mendapat sanksi tegas dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Sri Wahyuni dinonaktifkan dari jabatannya selama tiga bulan.

Tjahjo mengambil keputusan itu setelah tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengecek laporan yang diterima mengenai keberangkatan bupati yang tidak meminta izin kepadanya.

“Ada laporan bupati tersebut sebulan 2 kali pergi ke Amerika tanpa izin. Tim Kemendagri mengecek ke Pemda Sulut dan Kabupaten Talaud dan memang demikian adanya. Setelah dicros chek ke, Bupati juga mengakui tanpa izin,” kata Tjahjo, Jumat (12/1/2018).

Keputusan penonaktifan itu, menurut Tjahjo, diambil berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Tjahjo mengaku sudah menandatangani surat keputusan penonaktifan bupati Talaud. “Sudah sesuai UU 23 kemudian diberhentikan selama 3 bulan nonaktif. Keputusan sudah saya tanda tangani,” ungkapnya.

Sri Wahyuni Manalip sebelumnya adalah kader PDI Perjuangan. Bahkan dia pernah menjabat sebagai Ketua DPC Talaud sebelum akhirnya dipecat. Dia dianggap tidak loyal terhadap partai sehingga dipecat sebagai ketua DPC.(us)