Saturday, 20 January 2018

Sebut Haiti dan Afrika Negara “Shithole”, Trump Dianggap Rasis

Jumat, 12 Januari 2018 — 10:33 WIB
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sebut Afrika dan Haiti negara "Shithole". (reuters)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sebut Afrika dan Haiti negara "Shithole". (reuters)

INGGRIS – Donald Trump menggambarkan El Salvador, Haiti dan beberapa negara Afrika dengan sebutan negara “shithole” (kumuh) dalam sebuah pertemuan dengan anggota parlemen pada Kamis, (11/1/2018) waktu setempat.

“Kenapa kita selalu membiarkan pendatang masuk kemari justru dari negara ‘shithole’?, tanya presiden Donald Trump dalam pertemuan tersebut seperti dikutip Washington Post.

Komentar Trump tersebut langsung mendapat kecaman dan dianggap rasis. “Kami selalu tahu bahwa Presiden Trump tidak menyukai orang-orang dari negara tertentu atau orang dengan warna kulit tertentu. Sekarang kita bisa mengatakan dengan keyakinan 100% bahwa presiden tersebut adalah seorang rasis,” kata anggota Kongres Luis Gutiérrez, seorang Demokrat dari Illinois.

Sementara itu, Orrin Hatch, seorang Republikan dari Utah yang telah membantu melaksanakan agenda legislatif presiden mengatakan, “Bagian dari apa yang membuat Amerika begitu istimewa kami menerima imigran terbaik dan tercerdas dari seluruh dunia ini, terlepas dari negara asal mereka.”

Kecaman juga datang dari mantan Presiden Meksiko, Vicente Fox, dan mengingatkan Trump mengenai asal usulnya. “Kehebatan Amerika dibangun berdasarkan keragaman, atau apakah Anda melupakan latar belakang imigran Anda, Donald?” (embun)