Wednesday, 26 September 2018

Wakil Rektor Ini Jaga Mahasiswa Tak Terjerumus Narkoba

Jumat, 12 Januari 2018 — 0:40 WIB
Prof  Dr Yusron Razak, MA

Prof Dr Yusron Razak, MA

MENJADI Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan memang sangat berat, tidak hanya memantau kegiatan mahasiswa di dalam, tapi juga di luar kampus. Itu dirasakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Prof Dr Yusron Razak, MA.

Perhatian terhadap mahasiswa cukup besar, yakni bagaimana mereka tidak terjerumus kepada bahaya narkoba dan juga radikalisme.

Untuk itu, pria kelahiran 1959 ini sangat aktif dalam kampanye anti narkoba dengan mengundang pihak terkait ke kampus untuk menjelaskan tentang bahaya narkoba.

Selain itu, juga kampanye deradikalisme juga mengundang pihak terkait dari kepolisian dan juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Di luar itu, Yusron juga membuka akses bagi mahasiswa untuk membangun komunikasi. “Saya memang membuka akses kepada mahasiswa maupun mahasiswi lewat handphone untuk menginformasikan semua kegiatan mereka atau kejadian yang menimpa mahasiswa,” terang Yusron ketika ditemui di Kampus UIN.

Tak heran tengah malam saat istirahat, ia menerima telepon panggilan atau menerima Whats App dari mahasiswanya. “Laporan macam-macam, ada melaporkan seorang mahasiswa mengalami kecelakaan, atau laporan lainnya ,” cerita Yusron yang juga Guru Besar Ilmu Sosial Politik di UIN.

Dengan membuka akses laporan seperti itu, dirinya merasa beruntung karena bisa mendapatkan informasi lebih awal. Begitu Rektor UIN Prof. Dr. Dede Rosyada MA menanyakan kabar tentang mahasiswa dirinya bisa langsung menjelaskannya. “Bahkan, termasuk menjawab pertanyaan wartawan ketika ada kejadian yang menimpa mahasiswa,” kata Yusron.

PAHAM MAHASISWA

Dari perjalanan karirnya sebagai wakil rektor bidang mahasiswa, Yusron mengaku lebih memahami kondisi mahasiswa. Di antara mereka, ada yang kuliah dan berorganisasi. Ada juga kuliah sambil usaha.

Kebanyakan mahasiswa tersebut berwirausaha melalui jualan kecil-kecilan, mulai dari membuka online shop, bisnis pulsa, hingga menjual makanan.
“Tahun ini merupakan terakhir dari jabatan saya sebagai wakil rektor bersamaan berakhirnya jabatan rektor UIN. Saya akan kembali sebagai guru besar di UIN,” tambahnya.

Yusron mengaku banyak kenangan ketika bersama mahasiswa, ada suka dan dukanya. “Tentu saya berharap mereka sukses selalu dalam menempuh perjalanan hidupnya,” harap Yusron.

Selain menjabat Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah. Yusron juga aktif dalam penulisan buku, di antaranya, “Masyarakat Utama, Konsepsi dan Strategi”, Pengantar Studi Islam, IKIP Muhammadiyah Jakarta, 1996, Pendidikan Agama, Uhamka Press, 2001 Eksiklopedi Muhammadiyah, penulis dan editor (Rajawali Pers, 2005) dan lainnya. (Johara/bi