Thursday, 24 May 2018

2,5 Juta Benih Ikan Ditebar Gubernur Jawa Barat di Depok

Sabtu, 13 Januari 2018 — 0:36 WIB
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat menebar ikan di Setu Pengasinan didampingi Kadiskominfo Sidik M.  (anton)

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat menebar ikan di Setu Pengasinan didampingi Kadiskominfo Sidik M. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Sekitar 2,5 juta benih ikan mujair, tawes, ikan mas, udang galah, graasrap, nilem dan lainnya disebar di sejumlah setu yang ada di Kota Depok salah satunya di Setu Pengasinan, Sawangan, Kota Depok.

“Program menebar benih ikan di wilayah Provinsi Jawa Barat sudah dilakukansejak empat tahun lalu dan baru kali ada kesempatan di Kota Depok, ” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan didampingi Kadiskominfo Depok Sidik M dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Jumat (12/1).

Benih ikan yang telah disebar di antaranya di Waduk Jati Luhur, Waduk Jati Gede, Cirata, Saguling, setu termasuk di sungai. Tahun 2017 lalu benih ikan yang telah ditebar mencapai Rp 51 juta dan ditargetkan hingga akhir tahun ini mencapai Rp 70 juta.

“Kami memiliki tempat pembenihan sendiri kalau bisa di Kota Depok juga memiliki pembenihan untuk dikembangkan baik ke masyarakat maupun ke perairan terbuka yang dampaknya sangat positif karena air bisa semakin bersih terlebih ikan juga memiliki fungsi untuk membersihkan air,” katanya.

Menurut dia, benih ikan yang ditebar satu atau dua tahun silam di beberapa waduk, kini beratnya ada yang mencapai 12-15kg.

HARUS DIKEMBALIKAN FUNGSINYA

Tidak hanya menebar benih ikan namun masalah perbaikan, penataan dan pemeliharaan resapan air atau setu di Jawa Barat khususnya Kota Depok yang juga memiliki banyak setu selain sebagai resapan atau penampungan air juga untuk pembibitan maupun pembenihan ikan.

Mengenai adanya sejumlah setu di Depok yang hilang, kata Ahmad Heryawan yang akrab dipanggil Aher, mengaku terus memantau setu yang hilang atau menyusut akibat penggurukan untuk pembangunan perumahan baru.

“Secara aturan harus dikembalikan lagi fungsi setu sebagai mestinya bukan malah diputihkan atau dihilangkan,” tegasnya yang menambahkan adanya kegiatan revitalisasi sejumlah setu di Depok tentunya cukup mengembirakan dan berharap propinsi Jabar yahun mendatang dapat membantu pendanaan atau keuangannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Depok, Farah Mulyati mengatakan bantuan sekotar 2,5 juta benih ikan berbagai jenis secara bertahap akan di sebar di Setu Cilodong, Pulo, Rawa Besar Lio dan lainnya termasuk sungai atau anak kali.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan SDA, sungai mana saja yang dapat ditebar ikannya, karena mereka juga memiliki program normalisasi, nah yang sudah dinormalisasi kami akan tebar benih. Ini pembenihan dari provinsi tepatnya Dinas Kelautan dan Perikanan,” katanya. (anton)