Monday, 23 April 2018

Jepang Ditutupi Salju Lebat, 400 Orang Terjebak di Kereta

Sabtu, 13 Januari 2018 — 8:50 WIB
Kereta terjebak salju di Jepang, 400 orang tertahan dalam kereta. (ist/kyodo)

Kereta terjebak salju di Jepang, 400 orang tertahan dalam kereta. (ist/kyodo)

JEPANG – Gara-gara salju lebat, lebih dari 400 orang terjebak 16 jam di dalam gerbong kereta api di Jepang. Roda kereta yang macet akibat tumpukan salju, membuat kereta tertahan di kota Sanjo, sekitar 300 km barat laut Tokyo.

Dilansir Kyodo News, kereta dengan empat gerbong yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api JR East itu, meninggalkan Niigata pada Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 5.25 sore waktu setempat.

Petugas kereta dan pejabat kereta api memutuskan untuk menunda evakuasi penumpang pada malam hari, karena dianggap terlalu berbahaya. Akhirnya, penumpang harus rela menunggu hingga keesokkann harinya untuk bisa turun dari kereta.

Menteri Transportasi Keiichi Ishii mengatakan, bahwa dia telah menginstruksikan operator untuk menyelidiki mengapa diperlukan waktu lama untuk membantu para penumpang dan melanjutkan layanan kereta.

Perusahaan mengatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk mengatur transportasi alternatif bagi para penumpang, namun menyerah setelah operator bus mengatakan bahwa salju kemungkinan akan mencegah mereka mendekati kereta. JR East juga mengatakan, telah berfikir menggunakan taksi dan kendaraan lain untuk mengangkut ratusan penumpang, namun juga akan terlalu menyita waktu.

Dua kereta berikut juga berhenti, sehingga 400 penumpang tambahan sementara terdampar, namun kemudian diangkut dengan bus.

Hujan salju yang deras juga menyebabkan sekitar 300 kendaraan terdampar di dekat dua pintu keluar di jalan raya Banetsu Express di kota Niigata, Aga, Kamis malam, namun mereka semua dapat pergi setelah sekitar 12 jam pembersihan salju.

410 kendaraan lainnya untuk sementara terjebak di Hokuriku Expressway di prefektur Toyama dan Ishikawa. Tidak ada laporan tentang luka atau orang yang jatuh sakit, menurut pemerintah setempat.

Cuaca ekstrim yang menyebabkan salju tebal ini, bukan hanya mengganggu perjalanan kereta, namun beberapa jadwal penerbangan juga dibatalkan. (embun)