Wednesday, 19 September 2018

Kejaksaan Tidak Akan Memproses Hukum Calon Kepala Daerah

Sabtu, 13 Januari 2018 — 1:21 WIB
Jaksa Agung M Prasetyo. (ahi)

Jaksa Agung M Prasetyo. (ahi)

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung Prasetyo menegaskan institusi yang dipimpinnya, sudah berkomitmen untuk tidak akan memproses hukum, khususnya bagi pasangan calon (Paslon) kepala daerah pada masa Pilkada Serentak 2018.

“Komitmen ini dibuat bersa penegak hukum lainnya, ” kata Prasetyo menjawab pertanyaan wartawan, di Kejaksaan Agung, Jumat (12/1)

Prasetyo menjelaskan kenapa institusi penegak hukum pada masa Pilkada 2018 menunda proses hukum, karena hukum itu tidak hanya menyangkut kepastian dan kemanfaatan, tetapi juga kemanfaatan.

“Kami harus ingat, kalau sekarang ada proses pilkada, terus ada kegaduhan (karena ada pasangan calon Pilkada yang diperiksa). Manfaat (pemeriksaan saksi dan atau tersamgak) -nya dimana, ” beber Prasetyo.

USAI PILKADA

Namun, dia mengingatkan para pihak, yang ikut dalam Pilkada dan diduga terlibat tindak pidana, baru ditindak lanjuti secara hukum.

“Hal ini juga berlaku terhadap pasangam calon yang memenangkan Pilkada. Tentu, selama didukung bukti dan fakta yang tidak terbantahkan. ” (ahi)