Wednesday, 19 September 2018

Kemenkum Ham Harus Evaluasi Kinerja Aparatur Lapas

Sabtu, 13 Januari 2018 — 0:50 WIB
Lapas Cipinang, Jakarta Timur

Lapas Cipinang, Jakarta Timur

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi III DPR meminta Kementerian Hukum & HAM untuk mengevaluasi kinerja aparatur Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan membenahi sistem pengawasan dan penegakan disiplin penghuni lapas. Ini menyusul banyaknya kerusuhan Lapas di sejumlah daerah.

“Kami segera mengundang Kemenkumham dalam rapat dengar pendapat,” ujar Nasir Djamil, anggota Komisi III, seusai mengunjungi Lapas Lambaro Banda Aceh, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, di Jakarta, Jumat (12/1).

Temuan kunjungan kerjanya menyebutkan tidak berjalannya dengan baik standar operasional prosedur (SOP) dalam pengelolaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Lambaro di Banda Aceh.
Akibatnya, kerusuhan yang menelan korban mobil polisi terbakar dipicu perlakuan istimewa terhadap terpidana narkoba, Gunawan, yang menempati kamar mewah dalam Lapas klas II A di Gampong Bineh Blang, Lambaro (4/1).

Karenanya, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendesak Kemenkumham melakukan pembenahan-pembenahan internal mulai pengawasan kinerja aparatur Lapas, hingga program tetap (Protap) dan penegakan disiplin para penghuni Lapas Lambaro. (rinaldi)