Tuesday, 13 November 2018

Persija Pindah Kandang ke Karawang, Polisi Siapkan Pengamanan Ekstra

Sabtu, 13 Januari 2018 — 7:13 WIB
Laga di  Stadion Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat

Laga di Stadion Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat

KARAWANG (Pos Kota) – Polisi sedang menelaah potensi ancaman jika Persija Jakarta jadi menggunakan Stadion Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat sebagai kandangnya . Polisi juga menyiapkan pengamanan ekstra.

“Kami sedang menelaah perkiraan ancaman – ancaman bila Persija ngandang di Karawang. Karena Jakmania cukup militan, sementara di sini (Karawang) juga banyak Bobotoh. Secara historis keduanya sering terlibat perkelahian atau bentrok,” ujar Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan di Mapolres Karawang, Jumat (12/1/2018).

Menurut Hendy, pendukung Persija dengan julukan Jakmania, dikenal kerap merepotkan polisi. Ia tak ingin kerusuhan di stadion GBK 2 tahun lalu terulang di Karawang. Bahkan, kata dia, dalam kerusuhan itu, seorang anggota Brimob menjadi korban.

“Ketika saya dinas di Jakarta, Jakmania cukup merepotkan polisi yang sedang mengamankan pertandingan. Seorang anggota Brimob pernah jadi korban . Ini tentu jadi bahan masukan ke pimpinan, termasuk ke pemda setempat,” kata mantan Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya itu.

Namun kata Hendy, jika Persija jadi bermarkas di Karawang, pihaknya bakal menyiapkan keamanan ekstra setiap ada pertandingan. “Karena Jakmania dikenal cukup militan, sementara di sini (Karawang) juga banyak bobotoh. Secara historikal, keruanya sering terlibat perkelahian atau bentrok,” tutur dia.

“Kalau Persija jadi ngandang di Karawang, kita akan berikan pengamanan ekstra. Kita tidak boleh under estimate. Kalau jadi, kita harus bangun kesepahaman cara bertindak dengan panpel. Tata kelola stadion juga harus disiapkan,” Hendy menambahkan.

Saat ini, Persija sedang berkomunikasi dengan Pemda Karawang untuk menggunakan Stadion Singaperbangsa sebagai markas.

Stadion dengan kapasitas 20 ribu orang itu jadi alrernatif homebase Persija untuk menggelar laga kandang di Liga 1 musim depan.

Malam ini, Dirut Persija I Gede Widiade dikabarkan akan bertemu manajemen Persika termasuk para pejabat Karawang. (dadan/b)