Monday, 23 April 2018

Sejumlah Profesor Akan Uji Kelayakan Calon Hakim Agung Ad Hoc

Sabtu, 13 Januari 2018 — 8:10 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota)   – Komisi Yudisial  (KY)  akan menggelar  wawancara terbuka terhadap 14 calon hakim ad hoc Hubungan Industrial di Mahkamah Agung (MA),  pada Selasa-Kamis, 16-18 Januari 2018 di Auditorium KY, Jakarta.

Peserta seleksi wawancara terbuka tersebut berasal dari unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebanyak 5 orang dan 9 orang dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB).

“Wawancara merupakan tahapan akhir uji kelayakan yang dilakukan oleh Anggota KY dan Panel Ahli yang terdiri dari mantan hakim agung, pakar dan/atau negarawan,” kata Juru bicara KU Farid Wajdi,  di Jakarta,  Jumat (12/1).

Tim Panel Ahli yang terlibat dalam wawancara kali ini yaitu, Prof. Azyumardi Azra dari unsur pakar/negarawan dan Prof. Mohammad Saleh yang merupakan mantan hakim agung.

“Dalam seleksi ini ada beberapa aspek penilaian, meliputi: visi, misi, komitmen; kenegarawanan; integritas; wawasan pengetahuan hukum dan peradilan; dan kemampuan teknis dan pengelolaan yudisial. ”

Seleksi ini untuk mencari delapan orang calon hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA dengan komposisi empat orang dari unsur APINDO dan empat orang dari unsur SP/SB. (ahi/win)