Tuesday, 23 January 2018

Selain OK OCE ada Juga Program OK Clenup Day

Sabtu, 13 Januari 2018 — 18:47 WIB
Sandiaga saat menghadiri kegiatan OK Clenup Day di Kalibaru, Cilincing. (wandi)

Sandiaga saat menghadiri kegiatan OK Clenup Day di Kalibaru, Cilincing. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota)- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menghadiri kegiatan bersih-bersih lingkungan di Kampung Pesisir, RW 05, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan ini diinisiasi oleh warga Kampung Pesisir dengan nama program OK Clenup Day.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini digagas LSM Jakarta Tersenyum ini diharapkan akan membawa perubahan dari kampung yang kumuh menjadi bersih, indah dan tertata dengan rapi.

“Melalui program ini saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama membersihkan wilayahnya dari sampah. Jadi kebersihan ini tak perlu mengharapkan penanganan dari pemerintah saja, akan tetapi warga juga harus turut serta, berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan,”kata Sandiaga Uno, Sabtu (13/1).

Untuk itu dirinya sangat berharap melalui program OK Cleanup Day, Jakarta kembali tersenyum. Maka dari itu mari sama-sama jaga kebersihan wilayahnya masing-masing agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

Di pesisir Kalibaru Cilincing, dahulunya disebut sebagai pelabuhan Ikan Baru. Sebab pelabuhan ini merupakan pindahan dari Kali Kresek Lagoa, Tanjung Priok tahun 1967. Karena ini merupakan salah satu obyek sejarah maka kawasan Kalibaru berpotensi untuk menjadi pusat ekonomi dan menjadi kampung wisata sejarah.

“Saat ini di Kalibaru juga merupakansalah satu tujuan wisata bahari. Ini tenti bisa berpeluang untuk diciptakan lapangan kerja melalui program OK OCE, dengan adanya program ini perekonomian masyarakat yang pasti akan berjalan” ungkapnya.

Sandi juga sangat berharap kepada ibu-ibu dari Pasukan Kerudung Oranye membantu PPSU untuk membersihkan wilayahnya dengan prinsip TSP (Tahan, Simpan, Pungut). Tahan, sampah selalu ditahan, kalau melihat ada sampah, disimpan dulu, kalau perlu dikantongin, dan kalau ada sampah yang ada di tanah, kita pungut.

Ketua Jakarta Tersenyum, Ifan Andi Dharmawan menambahkan, melaui jegiatan OK Cleanup Day ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Program ini tercetus karena pihaknya merasa prihatin karena setiap hari diperkirakan 7.000 ton sampah tidak ditangani.

“Makanya dengan kondisi ini tentu akan membuat Jakarta akan semakin kotor. Untuk itu mari kita sama-sama bangkitkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Jika ini sudah berjalan dan masyarakat peduli saya yakin persoalan sampah dapat kita atasi bersama tanpa membebani pemerintah,” kata Ifan. (wandi)