Thursday, 18 October 2018

Wajudkan Program OK OCE, Pemprov DKI Gencar Lakukan Pelatihan Bagi UMKM

Sabtu, 13 Januari 2018 — 18:36 WIB
Sandiaha dan M. Taufik hadiri pelatihan kepada UMKM di Jakarta Creative Hub, Tanah Abang

Sandiaha dan M. Taufik hadiri pelatihan kepada UMKM di Jakarta Creative Hub, Tanah Abang

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta gencar melakukan pelatihan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sejak dipimpin Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Pelatihan-pelatihan tersebut diantaranya melalui program OK OCE (One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship).

Meski sempat dikritik anggota dewan karena menghabiskan dana APBD hanya untuk instruktur pelatihan, Sandi menilai penyajian UMKM akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Sandi beralasan, bidang UMKM selama ini banyak menyerap tenaga kerja.

“Jadi Ini adalah gerakan yang kami terus gulirkan di seluruh wilayah Jakarta, komunitas-komunitas yang ada, dan ini akan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik. Kami optimis Di 2018 angka-angka perekonomian sangat menjanjikan. Karena UMKM menyumbang lebih dari 97 persen penyerapan lapangan pekerjaan di Indonesia,” ujarnya di Jakarta Creative Hub, Jalan Kebon Melati nomor 5, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Sandi mengatakan, pelatihan diberikan kepada semua komunitas dan pelaku usaha yang ingin ikut dalam pelatihan, tidak terkecuali dari kaum difabel. Sandi mengatakan di Jakarta Creative Hub hari ini juga melalukan pelatihan terhadap 25 orang tuna rungu.

“Ini adalah bentuk inisiatif Jakarta Creative Hub untuk menggerakkan roda perekonomian berbasis komunitas, roda perekonomian berbasis UMKM dan khusus untuk teman-disabilitas. Hari ini ada pelatihan dengan gerakan teman tuli Indonesia yang memberikan pelatihan public speaking karena mereka akan berangkat ke argentina,” imbuhnya.

Selain Sandi, tampak hadir Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Provinsi DKI Jakarta, Irwandi. (ikbal)